Proto Malayan di Sumatera

Pulau Sumatra, atau Andalas, atau Samutra, adalah tanah pertama yang disinggahi dan dilalui oleh migrasi besar-besaran suku-bangsa Proto Malayan, karena itu pulau Sumatera termasuk wilayah yang banyak tersebar sukubangsa Proto Malayan. Tersebar ke seluruh wilayah Sumatra dan hampir di seluruh kepulauan pesisir Sumatra. Beberapa abad setelah bermukimnya sukubangsa Proto Malayan di Sumatra, beberapa kelompok Proto Malayan yang bermukim di pesisir mulai berbaur dengan suku Melayu (Deutro Malayan) yang memasuki wilayah Sumatra.

Suku-suku bangsa proto-malayan di pulau Sumatra

Aceh

Sumatra Utara

Riau

Jambi

Sumatra Barat

Bengkulu

Bangka Belitung


Sumatra Selatan

gambar-foto:
koneksi:

1 comments:

  1. suku Komering kenapa tidak masuk,,, padahal wilayah penyebarannya sangat luas di sumsel,,, sedikitnya 4 kabupaten tempat pnyebarannya yaitu kab. Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu & Ogan Komering Ilir,,, rumah tradisionalnya juga sangat khas,,,

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,