Suku Batak Padang Lawas

suku Batak Padang Lawas
Suku Batak Padang Lawas, atau suku Batak Padang Bolak, adalah salah satu suku Batak yang mendiami wilayah kabupaten Padang Lawas dan kabupaten Padang Lawas Utara yang berada di provinsi Sumatra Utara.

Suku Batak Padang Lawas, ini dahulunya dianggap sebagai bagian dari suku Batak Mandailing, tetapi karena letak perbedaan geografis, maka suku Batak Padang Lawas ini sekarang telah diakui sebagai suku tersendiri yang disebut sebagai suku Padang Lawas atau suku Batak Padang Lawas.

Asal usul suku Batak Padang Lawas tidak diketahui secara pasti. Tetapi dari cerita rakyat secara turun temurun yang tersimpan baik pada masyarakat suku Padang Lawas ini, mengatakan bahwa dahulunya mereka berasal dari pembauran penduduk setempat dengan orang-orang dari sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah ini. Kemungkinan yang dimaksud dengan kerajaan itu, adalah Kerajaan Holing atau juga Kerajaan Chola, yag keduanya berasal dari India, yang pernah berjaya di wilayah ini pada masa lalu. Hanya saja yang dimaksud suku setempat tadi, dari bangsa apa ? suku Lubu atau suku Mandailing ? bisakah disimpulkan bahwa suku Padang Lawas ini, berasal dari pembauran suku Lubu, suku Mandailing dan orang-orang dari Kerajaan ?
Di wilayah Padang Lawas ini banyak ditemukan situs-situs kuno dari era kerajaan Hindu Kuno, yang diperkirakan usianya lebih tua dari kerajaan Hindu lainnya di Indonesia. Apakah suku Batak Padang Lawas ini sudah eksis sejak era kerajaan Hindu Kuno ?

Bahasa yang diucapkan oleh masyarakat suku Padang Lawas ini adalah bahasa Padang Lawas, yang termasuk dialek dari bahasa Mandailing, karena terdapat banyak kemiripan yang pada bahasa Padang Lawas ini dengan bahasa Mandailing, hanya saja lebih banyak dipengaruhi oleh bahasa Melayu dan bahasa Minangkabau.

petani karet di Padang Lawas
Masyarakat suku Padang Lawas ini mayoritas adalah pemeluk agama Islam yang taat. Agama Islam di wilayah ini dibawa oleh pasukan Paderi Minangkabau yang menyerang Tanah Batak di daerah Selatan, yang pada saat itu memang sangat rapuh dan tidak memiliki pertahanan sama sekali. Sehingga pasukan Paderi berhasil melumpuhkan wilayah Selatan Tanah Batak, dan mengislamkan hampir seluruh penduduk di wilayah ini.

Masyarakat suku Padang Lawas ini, sebagian besar hidup sebagai petani. Sebagian besar bekerja di perkebunan karet. Selain itu mereka juga bercocok tanam untuk berbagai jenis tanaman sayur-sayuran. Selain itu, memelihara ternak juga menjadi kegiatan sampingan bagi beberapa penduduk di wilayah Padang Lawas ini.

sumber:
  • sopopanisioan.blogspot.com
  • batazkhayal.wordpress.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain
sumber-foto:
  • batazkhayal.wordpress.com
  • sopopanisioan.blogspot.com

1 comments:

  1. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga dan Dapatkan Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya Hanya di raja poker

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,