Marga Suku Toraja

Suku Toraja adalah sebuah komunitas suku yang berada di pulau Sulawesi. Suku Toraja juga menggunakan nama keluarga atau marga/ fam, yang ditempatkan di belakang nama, layaknya suku Minahasa, suku Ambon, suku Batak dan lain-lain.

Marga pada suku Toraja

A
  • - Aitonam
  • - Allo
  • - Allokendek
  • - Allositandi
  • - Amak
  • - Ampulembang
  • - Arung

B
  • - Balalembang
  • - Banga Allo (Bangaalo)
  • - Bangalino
  • - Barani
  • - Barrang
  • - Basiang
  • - Bassang
  • - Batoarung
  • - Batusura
  • - Bokko
  • - Bonting
  • - Boro (dari Tondon)
  • - Bouw
  • - Bulawan
  • - Bulo
  • - Bura

D
  • - Dala
  • - Dalle
  • - Datu
  • - Datulayuk
  • - Demmanongkan
  • - Depparinding
  • - Duma

G
  • - Galla
  • - Gandang

H
  • - Hariawang

K
  • - Kalalembang
  • - Kalatiku
  • - Kambuno
  • - Kamonto
  • - Kombongkila
  • - Kondorura 

L
  • - Lalang
  • - Lalawi
  • - Lallo
  • - Lande
  • - Latoada
  • - Lembang
  • - Lempo
  • - Lilipadang
  • - Limbong
  • - Limbongan
  • - Lulumbara
  • - Lumba
  • - Lutemadi
  • - Lolobua
  • - Londongbuntu

M
  • - Madellu
  • - Maega
  • - Maimpo
  • - Manapa
  • - Manganan
  • - Mangiri
  • - Mangopang
  • - Mangosa (dari Ke'te' Kesu')
  • - Mapandin
  • - Maresa
  • - Masiku
  • - Massa 
  • - Massora (dari Mengkendek)
  • - Matande
  • - Matutu

O
  • - Ombelli

P
  • - Pabuaran
  • - Paembonan
  • - Pahan
  • - Pailin
  • - Pairunan
  • - Pakan
  • - Pakulla
  • - Palamba'
  • - Palebangan
  • - Palengan
  • - Pali
  • - Palili
  • - Palilu
  • - Palimbong
  • - Palimbunga
  • - Palinang
  • - Palindangan
  • - Pampang
  • - Panie
  • - Pangadongan
  • - Panggalo
  • - Panggelo
  • - Panggua
  • - Pantig
  • - Paonganan
  • - Papayungan
  • - Paranoan
  • - Parantean
  • - Parapak
  • - Pararuk
  • - Parera
  • - Paressa
  • - Parinding
  • - Parore
  • - Parrangan
  • - Parura
  • - Pasassang
  • - Paseleng
  • - Pasenggong
  • - Paseru
  • - Pasoling
  • - Patabang
  • - Patalo
  • - Patandianan
  • - Patasik
  • - Patemme
  • - Patimang
  • - Patintingan
  • - Patiung
  • - Patoding
  • - Patongloan
  • - Patuli
  • - Pasulu
  • - Payung
  • - Pelenkahu
  • - Pilo
  • - Pirade
  • - Pongbala
  • - Pongmakamba
  • - Pongpadati
  • - Pongpangala
  • - Pongsamma
  • - Pongsitanan
  • - Pongtinamba
  • - Ponto
  • - Popang

R
  • - Ramaba (Ramba)
  • - Rambulangi
  • - Rampa
  • - Rampo (dari Bokin)
  • - Rante
  • - Rantekanan
  • - Rantelili
  • - Rantelinggi
  • - Rantetasak
  • - Rapang
  • - Rara
  • - Raru
  • - Rempe
  • - Rerung
  • - Rundupadang (dari Tondon, Makale)
  • - Ruru

S
  • - Sa'beng
  • - Salubongga
  • - Salurerung
  • - Salusu
  • - Sambira
  • - Sambolangi (Tarongko - Makale)
  • - Sambua
  • - Samma
  • - Sampe
  • - Sampebuntu
  • - Sampeliling
  • - Sampetoding
  • - Sampewai 
  • - Sanggola (dari Sangalla)
  • - Sapan
  • - Saranga
  • - Saring
  • - Sarungallo
  • - Sesa
  • - Sibala
  • - Siganna
  • - Simamentang
  • - Sipayung
  • - Sirande
  • - Sirompo
  • - Sludung
  • - Sobarang (Sobarrang)
  • - Somalinggi
  • - Sombolinggi
  • - Sulle
  • - Sulo

T
  • - Tambing
  • - Tambun
  • - Tandang
  • - Tandepadang
  • - Tandi
  • - Tandiassang
  • - Tandilintin
  • - Tandilolo
  • - Tandirerung
  • - Tandiri
  • - Tandiseru
  • - Tando
  • - Tangalayuk
  • - Tangdiembong
  • - Tangdirerung
  • - Tangipau
  • - Tarampak (dari Bokin)
  • - Te'dang
  • - Tikupasang
  • - Toding
  • - Tolla
  • - Tolle
  • - Tomarere
  • - Tombokan
  • - Topayung
  • - Toraya
  • - Tulak
  • - Tulungallo
  • - Turupadang


dari Mamasa
  • - Pampang
  • - Depparinding
  • - Gandang

dari Makale
  • - Kalalembang


dari Ulusalu
  • - Batusura
  • - Simamentang

dari Sa'dan
  • - Kondorura
  • - Palamba'
dari Tikala

  • Layuk
  • Kombong
  • Limbu
dari Bokin
  • Tarampak
  • Rampo
dari Nanggala Bela'
  • Langi


Marga-marga pada suku Toraja sebenarnya sangat banyak sekali, mohon maaf apabila ada marga yang belum tercantum di atas, karena data yang kami miliki belumlah lengkap dan masih perlu koreksi.
Mohon kesediaan bagi pengunjung untuk menambahkan atau koreksi di kotak komentar di bawah.

Nama-nama khas dalam suku Toraja
  • - Tato
  • - Sampe
  • - Makku
  • - Lute
  • - Bira
  • - Dalle
  • - Tappi’


Nama asli dalam suku Toraja sampai saat ini masih ada yang masih menggunakannya, sayangnya nama-nama asli ini secara perlahan seiring perkembangan zaman terkikis oleh nama-nama berbau indonesia, ataupun nama-nama asing.


diolah dari berbagai sumber

91 comments:

  1. kalau saya marga sesa, tinggal dimaluku uatar

    ReplyDelete
  2. sebagai info, saya mencari keluarga marga sesa, karna sampai saat ini hilang kontak, bapak saya merantau dari umur 17 tahun sampai sekarang tidak pernah pulang dan hilang kontak dengan keluarga,,,,kami tinggal di maluku utara, kab.hal mahera sealatan, kec.bacan timur desa babang. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..saya turut prihatin membacanya.
      kalau boleh tolong beritahu nama lengkap bapak kamu ya... mungkin saja pengunjung yang membaca ini, ada yang kebetulan mengetahui dimana saat ini bapak kamu berada, dan bisa membantu...

      Delete
    2. kira-kira bsa ingat daerah asalx d toraja...karena nma itu biasa identik dengan daerah

      Delete
    3. aku marga sesa....sudah 3 generasi tinggal di Ambon...

      Delete
  3. ada beberapa marga Toraja dan Minahasa yang mirip, contohnya:
    Rumengan, Tombokan, Ruru (Roeroe), Limbong, dll..
    apa orang Minahasa dan Toraja ada hubungan persaudaraan dalam garis keturunan??
    tetapi kenapa budaya dan warna kulitnya berbeda ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi dahulunya antara 4000 - 2000 tahun yang lalu terjadi hubungan pada awal kedatangan di pulau sulawesi. Di sini lah uniknya suku-suku di Indonesia, seperti halnya Toraja juga banyak kemiripan dengan suku Batak di Sumatra.

      Mungkin saja budaya Minahasa dahulunya mirip dengan Toraja, hanya karena telah terjadi kontak hubungan dengan bangsa-bangsa China dan bangsa-bangsa lain, sehingga terjadi pergeseran budaya. Tentang warna kulit ? suku Toraja juga banyak kok yang berkulit kuning seperti orang Minahasa.
      Suku Minahasa juga erat hubungannya dengan suku-suku dayak di kalimantan dan juga suku-suku di Filipina, diperkirakan dulunya berasal dari daratan Formosa Taiwan, coba diperhatikan banyak kemiripan dalam bahasa dan ciri-ciri fisik.

      Delete
  4. Ada gak y marga atau fam porero di toraja?

    ReplyDelete
  5. Kalau marga karangan (toraja), dr daerah mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. marga karangan? wah.. belum tau juga tuh, entar saya cari infonya dulu ya..

      Delete
  6. Marga Latoada...dri mana?,itu marga neneku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Latoada, kalau nggak salah banyak di palopo.

      Delete
  7. kalau palindangan nama marga atau bukan sih?
    balas

    ReplyDelete
  8. q marga limbong.cewek q pasulu,tp kok gak masuk yah disni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo marga Limbong, ada di atas sob (mirip marga orang Batak Toba ya?), cuma untuk marga Pasulu, sorry ketinggalan memasukkannya ... ntar dimasukkan.
      trims bro, atas masukannya

      Delete
  9. Replies
    1. trims Chacha untuk tambahannya ...
      salam

      Delete
  10. Kalau 2 orang dari suku Toraja dengan marga berbeda menikah, anaknya nantinya ikut marga ayah atau ibunya ya?

    ReplyDelete
  11. hmmmm margaku nda diatas ya padahal margaku cukup terkenal lho hehehehe (narsis.com),,,, PATONGLOAN gitu lho,,,ditambah yah

    ReplyDelete
  12. oh iya benar,
    maaf... segera kami lengkapi.
    terima kasih
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...
      kak ada lg famx neneq jrg dipake kami lbh srg pke patongloan tp spy lngkap tambahin ya fam Pala'tean come from marante village hheh

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh maaf ya, marga Toraja banyak sekali, jadi sebagian besar belum sempat dimasukkan,
      terima kasih ya untuk tambahannya
      salam kenal

      Delete
  14. fam Patalo jg ada... ada yg tau dr daerah mana ya? soalx fam ini katax berasal dari nama kakek dr kakek buyutku yg bernama lawang dr daerah pala-pala mandetek

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Saya SOBARANG/BARRANG koq ngga ada yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Onie, sudah ada sekarang,
      sorry telat dimasukkan.
      salam kenal

      Delete
  17. mirip ya asama marga di suku batak toba

    ReplyDelete
  18. Sanggola (sangalla) dengan massora(mengkendek) jga, itu marga dari nenekku

    ReplyDelete
  19. Tolong di tambah juga Sanggola (sangalla) dengan massora
    (mengkendek) jga, itu marga dari
    nenekku

    ReplyDelete
  20. valdino forlan ramabaJanuary 9, 2014 at 9:29 PM

    Sorry nih,,,kaya'a ada yang kurang nama marga'a (di "R"ramba)

    ReplyDelete
  21. Min saya, marga KARANGAN dari peraruan

    ReplyDelete
  22. Min kakek saya marganya Sesa terus nenek saya TandiAppang tp anaknya ikut marganya nenek saya

    ReplyDelete
  23. menarik sekali..
    saya marga SIPAYUNG dari Batak..
    jangan2 ada hubungan dengan Sipayung di Toraja..
    hehehe

    ReplyDelete
  24. Fam saya Sambolangi'. Menurut ayah saya, fam kami berasal dari Tarongko, kemudian beranak cucu sampai ke makale.

    ReplyDelete
  25. Massora dari mengkendek

    Sanggola dari sangalla

    ReplyDelete
  26. Pairunan kok gak ada ya ?????? padahal juga termasuk salah satu marga besar ! kurang lengkap referensinya bos.......!

    ReplyDelete
  27. Klo tandepadang itu marga bukan yah bro..??

    ReplyDelete
  28. Marga patimang kok gak ada.?

    ReplyDelete
  29. ada yang kurang mangopang, bokko, banga allo, bassang. hehehe :D

    ReplyDelete
  30. iya kok tidak ada marga patimang,hehe:D

    ReplyDelete
  31. tolong di masukin marga Duma dong hehe soalnya saya juga orangtoraja marga Duma, eh pas dicek ga ada :p thx before

    ReplyDelete
  32. Kalo Ratteban? apakah nama marga juga?

    ReplyDelete
  33. buat tambahan gan fam Maresa thanks :D

    ReplyDelete
  34. tambahan min, marga -BORO- dari Tondon - Pangalla

    ReplyDelete
  35. kalo arung palakka iyu nma marga juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak salah Arung Palakka adalah nama Sultan Bone ke 15

      Delete
  36. Mohon ditambahkan juga Marga Rundupadang dari Tondon, Makale

    ReplyDelete
  37. Mohon ditambahkan juga Marga Rundupadang dari Tondon, Makale

    ReplyDelete
  38. Mohon ditambahkan juga Marga Rundupadang dari Tondon, Makale

    ReplyDelete
  39. Keluargaku di sangalla pake fam Ada

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Marga SIRANDE ko gak ada iyaa? tolong ditambahin iyaa ☺

    ReplyDelete
  42. Dari bokin kurang marga Tarampak dan Rampo, klu dari Tikala Limbu Layuk,Kombong Langi' dari nanggala Bela' selebihnya sy liat dari bori' sdh mewakili ramba' dan arung demikian tambahankomentar dikit sekalian masukan u marga dari toraja utara

    ReplyDelete
  43. Kalau marga parantean itu dari mana ? Dan apa ada artinya/cerita dari marga parantean ?

    ReplyDelete
  44. Hallo Sangmane, salam Sangtorayan!
    Tambahan saja, marga2 Toraja :

    1. Mangawe (Sangalla' dan Makale)
    2. Sambe' (Lolai dan Dende')
    3. Sampe (Sangalla')
    4. Sallata (Sangalla'/Makale)
    5. Girikallo (Makale)
    6. Bato'samma'
    7. Pata'dungan
    8. Ambarura (Pangli)
    9. Papulung (Dende' / Pasang)
    10.Lebang

    Kurre Sumanga',
    R. D. Mangawe

    ReplyDelete
  45. marga sapu ada tdak di toraja. soalnya ortuku asli rantepao..

    ReplyDelete
  46. marga Bela, dari kampung Sa'dan matallo dan dari batu.. marga terkenal itu di sa'dan

    ReplyDelete
  47. Marga tallulembang kok tidak ada itu marga terkenal juga di toraja

    ReplyDelete
  48. maunanya min,,marga itu datangnya dari nenek moyang atau sekedar nama,apakah setiap orang yang menggunakan marga tersebut sudah pasti keluarga ato bagaimana? mohon penjelasanya,saya bermarga SULLE ayah saya dari RIU (katanya kampungnya dibawah gunung sesean) thanks

    ReplyDelete
  49. maunanya min,,marga itu datangnya dari nenek moyang atau sekedar nama,apakah setiap orang yang menggunakan marga tersebut sudah pasti keluarga ato bagaimana? mohon penjelasanya,saya bermarga SULLE ayah saya dari RIU (katanya kampungnya dibawah gunung sesean) thanks

    ReplyDelete
  50. Ayahnya suamiku namanya JACOBUS TOTO ANDILOLO, beliau katanya ke Makassar,tp stlh itu ga kembali..saya ga yakin beliau sdh meninggal. mungkin ada yg pernah kenal atau dengar? Mohon infonya..thx

    ReplyDelete
  51. Ayahnya suamiku namanya JACOBUS TOTO ANDILOLO, beliau katanya ke Makassar,tp stlh itu ga kembali..saya ga yakin beliau sdh meninggal. mungkin ada yg pernah kenal atau dengar? Mohon infonya..thx

    ReplyDelete
  52. aku marga Tangdi Embong, kira-kira itu toraja daerah mana?

    ReplyDelete
  53. ak marga sampe tinggal di ambon, bentas

    ReplyDelete
  54. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete
  55. Marga saya manty tapi tidak ada yg bermarga manty yah orang toraja

    ReplyDelete
  56. Marga saya manty tapi tidak ada yg bermarga manty yah orang toraja

    ReplyDelete
  57. Mohon info tentang wilayah marga Sipayung di Toraja... terimakasih

    ReplyDelete
  58. marga caverius ada tidak, nama ayah sy felix caverius

    ReplyDelete
  59. marga caverius di toraja ada tdk?sy lagi mencari ayah sy namanya felix caverius, seorang pelaut, pernah tinggal di jl serang no 147 makassar. kata ibu, ayah orang asli toraja?? klu ada yg tau bisa menghubungi via hp sy 087838431217 / mail : kareljq@gmail.com, trimakasih.

    ReplyDelete
  60. Fam nya toraja itu, diturunkan dari ayah atau ibu?

    ReplyDelete
  61. Margaku juga min gk ad ...SARUNGGAGA dr mengkendek.mksh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,