Suku Tengah Kepungut

Suku Tengah Kepungut, adalah satu komunitas masyarakat adat yang berada di kabupaten Rejang Lebong provinsi Bengkulu. Populasi suku Tengah Kepungut ini diperkirakan sebesar 1642 orang.

Suku Tengah Kepungut ini sebenarnya adalah bagian dari suku Lembak, karena adat-istiadat dan bahasa masyarakat suku Tengah Kepungut ini tidak jauh berbeda dengan adat-istiadat suku Lembak. Selain itu mereka juga tinggal di wilayah kecamatan Padang Ulak Tanding yang memang merupakan pemukiman masyarakat suku Lembak. Secara administratif, karena suku Tengah Kepungut ini berdiam di wilayah Rejang Lebong, maka suku ini sering dimasukkan menjadi bagian dari suku Rejang.

Secara fisik antara masyarakat suku Tengah Kepungut tidak jauh berbeda dengan masyarakat lain di Rejang Lebong, namun dari segi bahasa dan budaya terdapat perbedaan, terutama bahasa yang digunakan berbeda dengan masyarakat lain seperti dengan suku Rejang. 

Secara administratif komunitas adat suku Tengah Kepungut ini dari beberapa versi, suku Tengah Kepungut ini dianggap sebagai bagian dari suku Rejang. Tetapi secara historis, suku Tengah Kepungut ini bukanlah bagian dari masyarakat adat yang berada di wilayah suku Rejang, tetapi berasal dari wilayah Sumatra Selatan yang dahulunya dipindahkan ke Bengkulu pada saat pemerintahan Belanda.
Dari beberapa catatan yang disebutkan bahwa suku Tengah Kepungut ini merupakan bagian dari komunitas adat Marga Lembak Beliti yang merupakan pecahan dari beberapa Petulai (Klan) suku Rejang yang tersebar di daerah Ulu Musi dan Lembak Beliti.  Dari catatan tersebut dikatakan bahwa di wilayah ini terdiri dari 4 luak (suku-suku kecil) seperti suku Lebong, suku Ulu Musi, suku Lembak dan suku Pesisir. 
Sedangkan suku Lembak terbagi lagi menjadi 2 suku kecil, yaitu suku Lembak Beliti dan suku Lembak Tengah Kepungut.

Suku Tengah Kepungut, berargumen bahwa mereka bukan bagian dari pecahan suku bangsa Rejang, tetapi mereka tidak menolak kalau disebut sebagai bagian dari suku Lembak. Karena dari segi bahasa dan budaya mereka sangat berbeda dengan bahasa dan budaya suku Rejang.

Salah satu upacara adat suku Tengah Kepungut ini adalah Sedekah Ayam Kaki Kuning, yang dilaksanakan untuk mendoakan kepada yang ghaib dan roh-roh nenek moyang mereka. Ada juga upacara adat lain seperti Sedekah Ayam Kumbang, yang dilaksanakan sebagai bentuk tanda terima kasih anak cucu dan kepada leluhur mereka.

sumber:
  • word-dialect.blogspot.com
  • masyarakatadat.org
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,