Suku Komering, Lampung

Komering
Suku Komering, walaupun dikelompokkan ke dalam rumpun Lampung, tetapi selain terdapat di provinsi Lampung, pemukiman utama suku ini justru terkonsentrasi di kabupaten Ogan Komering Ulu dan kabupaten Ogan Komering Ilir di provinsi Sumatra Selatan. Selain itu sebagian kecil suku Komering ini terdapat juga pemukimannya di provinsi Bengkulu.

Pada awalnya di masa lalu, suku Komering ini banyak yang bermigrasi keluar dari daerah asal mereka di sepanjang aliran Way Komering untuk mencari tempat baru yang dianggap dapat merubah kehidupan mereka menjadi lebih baik. Dalam perjalanan migrasi mereka di tempat baru mereka membuka pemukiman (umbul) dan kampung (tiuh). Kelompok pertama yang meninggalkan daerah asal suku Komering adalah orang Komering dari marga Bunga Mayang sekitar tahun 1800 Masehi, menyusuri Way Sungkai. Kelompok ini setelah membuka pemukiman di tempat yang baru, setelah sekian lama lebih dikenal dengan identitas baru sebagai suku Sungkai yang kadang mereka menyebut kelompok mereka sebagai suku Sungkai Bunga Mayang, sebagai pertanda bahwa mereka dahulunya berasal dari suku Komering marga Bunga Mayang. Walaupun suku Sungkai ini lebih akrab dengan sebutan suku Sungkai, tetapi mereka tetap mengakui bahwa dahulunya mereka memang berasal dari Komering. Di tempat baru ini pada awalnya telah ada suatu masyarakat adat yang disebut sebagai suku Abung. Karena mereka membuka pemukiman di wilayah adat suku Abung, maka mereka melepaskan adat-istiadat asli mereka dan mengikuti adat-istiadat suku Abung. Oleh suku Abung, suku Sungkai ini dinyatakan berada di bawah adat Lampung Pepadun dan tanah tempat pemukiman mereka pun yang bernama Buay Nunyai mutlak menjadi milik suku Sungkai. Jadi suku Sungkai ini walaupun telah berubah identitas dan telah berubah adat-istiadat, secara asal-usul mereka adalah termasuk suku Komering juga.

Jadi dimana suku Komering yang tetap memakai nama suku Komering di Lampung ? Di Lampung Tengah, terdapat 2 buah kampung yang dihuni oleh orang Komering. Mereka memakai identitas sebagai orang Komering. Di Lampung Tengah ini mereka dikenal sebagai suku Komering Agung/Putih. Menurut pengakuan mereka, bahwa mereka memang berasal dari Komering, di Lampung Tengah ini mereka telah berbaur di bawah adat-istiadat suku Abung. Tetapi tidak seperti suku Sungkai, suku Komering Agung Putih ini, walau terikat adat-istiadat suku Abung, mereka tetap memakai identitas sebagai suku Komering. Hanya saja, masyarakat suku Komering Agung Putih ini sudah tidak mengetahui lagi asal Kebuayan mereka.

Sedangkan satu lagi orang Komering yang berada di Tiuh Gedung Komering – Negeri Sakti (Gedongtataan), yang sekarang dikenal sebagai Daerah Suka Banjar. Dialek suku ini, sudah banyak dipengaruhi oleh dialek suku Pubian yang juga bermukim di wilayah mereka.
sumber:
  • lampungpost.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,