Orang Galang

rumah orang galang
di pulau Karas
Suku Galang atau Orang Galang, adalah salah satu masyarakat adat yang menetap di pulau Karas dan pulau Galang di kecamatan Galang di provinsi Kepulauan Riau.

orang Galang
di pulau Karas
Suku Galang ini dahulunya juga termasuk orang laut atau masyarakat yang hidup di laut, menjalani berbagai kehidupan di laut seperti yang masih dijalani suku Laut sekarang ini. Tetapi saat ini suku Galang ini telah bisa merubah kebiasaan lama mereka yang telah mereka jalani sejak berabad-abad yang lalu hidup di laut, yang mana saat ini mereka telah membangun pemukiman di daratan.

Pemukiman orang Galang yang berada di pulau Karas terletak di Perairan Kecamatan Galang. Pemukiman orang Galang ini merupakan wilayah adat suku melayu yang memiliki penduduk sekitar lebih kurang 600 KK. Masyarakat Galang ini tidak seperti suku laut lainnya yang terbilang agak terasing dan tertinggal. Saat ini di pemukiman orang Galang di pulau Karas ini telah terdapat satu kantor lurah, 1 unit SMA, 1 unit SMP, 2 unit SD dan 2 unit puskesmas pembantu.

Masyarakat Galang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka membangun rumah dengan bentuk rumah panggung, yang sebagian besar dibangun di atas permukaan air laut. Mereka menjalani segala aktivitas mereka di rumah panggung ini. Selain rumah panggung di atas permukaan air laut ini, sebagian dari mereka juga ada yang mulai membiasakan diri hidup di daratan, seperti membangun di atas tanah dengan bentuk bangunan masih berbentuk rumah panggung yang masih di sekitar pantai juga.

sumber:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,