Suku Komering Bengkulu

Suku Komering Bengkulu, adalah suatu masyarakat adat yang berdiam di desa Komering, yang berada di kecamatan Merigi Sakti kabupaten Bengkulu Tengah provinsi Bengkulu Indonesia.

suku Komering Bengkulu
Masyarakat suku Komering ini dahulunya diduga bermigrasi dari wilayah Sumatra Selatan ke wilayah ini sejak beberapa abad yang lalu, atau memang terjadi penyebaran yang luas mencakup Sumatra Selatan, Lampung dan Bengkulu, yang dahulunya belum terbagi dalam beberapa wilayah seperti sekarang ini. Mereka bermukim dan tersebar di beberapa daerah di provinsi Bengkulu. Terkonsentrasi di kecamatan Merigi Sakti kabupaten Bengkulu Tengah. Di wilayah ini mereka berdampingan dengan pemukiman masyarakat suku Serawai dan suku Kaur.

Secara adat dan budaya, orang Komering Bengkulu ini tidaklah berbeda dengan suku Komering di tempat asal mereka di wilayah Sumatra Selatan dan Lampung. Hanya saja di Bengkulu ini, mereka telah masuk dalam kesatuan adat dan marga Bengkulu.

Bahasa yang diucapkan oleh masyarakat Komering di Bengkulu ini, pada dasarnya sama dengan bahasa ibu mereka di Sumatra Selatan, namun setelah sekian lama agak terpengaruh dengan bahasa-bahasa setempat Bengkulu. Walaupun begitu mereka tetap mengakui diri mereka sebagai masyarakat orang Komering yang berasal dari Sumatra Selatan dan Lampung.

Masyarakat Komering di desa Komering Bengkulu ini rata-rata hidup bermata pencaharian sebagai petani, terutama di ladang dan berkebun. Memelihara ternak juga menjadi kegiatan lain mereka untuk menambah penghasilan, seperti memelihara ayam, bebek dan sapi.

diolah dari berbagai sumber

5 comments:

  1. suku komering adalah bagian dari etnis lampung sudah jelas dan tak usah di perdebatkan lagi.wajar jika ada dan terbit artikel ini karena banyak hal yang melatar belakangi antara kehausan penulis untuk mengerti subjek ini dgn keterbatasan akssnya pada sumber sumber yang valid.dan saya sangat mengapresiasi dan turut berbangga hati.sama halnya dengan suku batak yang melahir kan sub suku subsuku(karo,toba,sialungun,pakpak,mendailing dsb)begitu juga estns lampung dengan sub suku sub suku bahkan sub lagi dari sub suku tsb nya seperti komering,abung,krui,ranau dsb).semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya, atas masukannnya
      salam kenal

      Delete
  2. Perlu dikaji lebih lanjut. Karena daerah asal justru seharusnya berada di ulu menuju ke ilir sungai sungai yg ada. Coz agak sulit migrasi dari ilir ke ulu. Lampung dan komering ilir kemungkinan justru daerah yg masih muda. Coba telaah lagi asal muasal lampung yg dikatakan dari daerah danau dan dekat dengan gunung. Sekitar ranau dan bengkulu adalah daerah yg paling mendekati dengan cerita lampung.

    ReplyDelete
  3. saya sangat jarang membaca tentang suku komering yang ada di bengkulu,menurut saya suku komering identik dengan sumsel dan lampung,melenceng jauh kalau ada suku komering yang bermigrasi ke bengkulu....coba saya mau liat bukti bagaimana kosa kata bahasa komering bengkulu itu.

    ReplyDelete
  4. Saya asli komering marga buay madang dan lahir di desa kurunggan nyawa.. Dan saat ini menetap dan tinggal di kota bengkulu.. Memang ada di kabupaten bengkulu tenggah nama desanya.. ADA DUSUN BATURAJO,ADA DUSUN KERTAPATI,ADA DUSUN KOMERING.. Tp saat ini masyarakat di 3 dusun ini sudah memakai bahasa sehari hari dgn Dealek REJANG dan LEMBAK

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,