Suku Kubu



Suku Kubu, adalah suat komunitas masyarakat yang bermukim di hutan pedalaman provinsi Jambi.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa Kubu dan suku Anak Dalam adalah sama. Memang dilihat dari kebiasaan dan gaya hidup sepertinya kedua kelompok suku ini terlihat sama. Tetapi apabila diperhatikan lebih seksama, ternyata kedua kelompok suku ini berbeda dari segi fisik. Suku Kubu berada di wilayah provinsi Jambi termasuk dalam ras Weddoid, memiliki kulit gelap dan berambut keriting. Sedangkan suku Anak Dalam berada di pedalaman hutan Sumatra Selatan yang memiliki ras Mongoloid, berkulit kuning, dan rambut kebanyakan lurus.

Suku Kubu tersebar di pedalaman hutan provisi Jambi, yang sampai saat ini masih hidup secara nomaden. Mereka memiliki fisik yang termasuk dalam ras Weddoid, berkulit gelap dan berambut bergelombang dan keriting.
.
Suku Kubu ini kadang-kadang juga disebut sebagai suku Anak Dalam. Suku kubu ini sering terlihat melintas di jalan trans sumatra sambil ditemani seekor anjing. Biasanya laki-laki berjalan sambil membawa sebuah tombak berburu. Terkadang mereka membawa akar-akar hutan untuk obat-obatan yang dijajakan kepada penumpang-penumpang bus yang sedang singgah di rumah makan sepanjang jalan trans sumatra.
.
Suku Kubu ini dahulu hidup dalam keterasingan di tengah hutan, tetapi saat ini mereka mulai membuka diri dengan masyarakat sekitarnya, tetapi tetap bertahan untuk tinggal di dalam hutan.

baca juga:

diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,