Suku Dairi


Suku Dairi, adalah suku yang bertempat di Kabupaten Dairi.
Menurut suku Batak Pakpak, suku Batak Dairi adalah bagian dari 5 (lima) sub suku Batak Pakpak, yaitu suku Pakpak Klasen dan suku Pakpak Boang.
Tetapi bagi suku Dairi Klasen, mereka tidak mau disebut sebagai orang Pakpak atau suku Pakpak. Mereka mengaku bahwa mereka adalah suku Dairi atau suku Batak Dairi. Menurut mereka yang disebut suku Pakpak itu adalah dari puak Pegagan, puak Kepas dan puak Simsim lah yang dinamakan suku Pakpak.

Suku Dairi, terdiri dari:
  1. Suku Dairi Klasen
  2. Suku Dairi Boang, kadang disebut sebagai suku Julu
  3. Satu komunitas yang menempati daerah Boang, yang menyebut dirinya suku Kahia, atau suku Dairi Kahia, kadang-kadang disebut juga sebagai suku Pakpak-Kahia. Mereka mengatakan dulunya mereka memang berasal dari wilayah Pakpak sekarang, tetapi mereka bukanlah suku Pakpak.
Tetapi, dari walaupun menurut mereka, bahwa suku Dairi dan suku Pakpak saling berbeda, tetapi dari segi adat istiadat serta bahasanya, pada umumnya suku Dairi adalah sama dengan suku Pakpak. Perbedaan hanya terlihat dari dialek yang mereka gunakan.


diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,