Suku Sekak

suku Sekak
Suku Sekak, adalah salah satu masyarakat adat suku di provinsi Bangka Belitung yang mendiami pesisir sepanjang pulau Bangka.

Walaupun suku Sekak ini tidak termasuk Suku Laut, tetapi mereka memiliki gaya hidup seperti suku Laut yang berada di Kepulauan Riau, mereka mendiami daerah pesisir pantai dengan mata pencaharian sebagai nelayan.

Suku Sekak menurut para peneliti dikelompokkan sebagai bagian dari rumpun bangsa melayu. Dikatakan bahasa dan dialek yang digunakan agak mirip dengan bahasa Melayu. Namun pada dasarnya bahasa Sekak sebenarnya berbeda dengan bahasa Melayu. Bahasa Sekak sendiri lebih tua dari bahasa Melayu pada umumnya.

Sebagian besar suku ini masih menganut kepercayaan aninisme dan dinamisme. Namun akhir-akhir ini telah ada yang memeluk agama Islam dan Kristen. 

pemukiman suku Sekak
Terdapat perbedaan karakter dan budaya yang menyolok antara suku Sekak dengan penduduk lain yang juga mendiami pulau Bangka. Orang Sekak ini memiliki ciri-ciri warna kulit yang agak gelap. Sebagian besar suku sekak mendiami daerah pantai di sebelah utara pulau Bangka. Sekarang, suku Sekak ini sudah bukan merupakan suku terasing lagi karena mereka sudah beradaptasi dengan budaya-budaya di sekitar mereka.

sumber:

  • hanstherescuer.blogspot.com
  • travellere.blogspot.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,