Suku Akit

anak-anak suku Akit
Suku Akit atau Akik, adalah suatu suku yang berdiam di daerah Hutan Panjang dan Kecamatan Rupat di pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Tepatnya di pulau Rupat. Suku ini hidup dan bertempat tinggal di Rumah Rakit. Mereka berpindah dari satu tempat di pantai dan muara sungai ke tempat lain. Selain itu suku ini juga membangun rumah2 sederhana di tepi-tepi pantai yang dipakai kalau sedang melakukan kegiatan di darat. Pada tahun 1984 jumlah mereka diperkirakan sekitar 4500 jiwa.


Ada tiga kelompok suku Akit yakni kelompok yang menebang kayu yang dikenal dengan Akit Hutan, kelompok yang merintis yang disebut Akit Hatas dan kelompok yang merakit, yang disebut  Akit Rakit,

rumah kediaman suku Akit
Senjata tradisional suku ini adalah berupa panah beracun dan sumpit. Kehidupan suku ini diisi dengan menangkap ikan, mengumpulkan hasil hutan, berburu binatang dan membuat sagu. Suku ini tidak terlalu suka berhubungan dengan penduduk lain, karena kecenderungan untuk mempertahankan identitas suku ini. Suku ini dipercaya memiliki pengetahuan tentang ilmu hitam dan obat-obatan yang dapat membahayakan.

Sistem kekerabatan yang dianut adalah bersifat patrilineal. Anak gadis keturunan suku ini dapat dinikahkan apabila telah berusia 15 tahun. Ritual pernikahan ditandai dengan hidangan berupa daging babi dan tuak, yang diramaikan dengan acara menyanyi dan menari. Walaupun sebagian sudah memeluk agama kristen dan islam, tetapi sebagian masih menganut faham animisme.


diolah dari :
- Wikipedia
- Metro Riau

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,