Suku Rukai, Formosa, Taiwan

suku Rukai
(tacp.gov)
Suku Rukai, adalah salah satu penduduk asli yang bermukim di Formosa, Taiwan. Rukai diakui oleh pemerintah sebagai suatu suku, bersama beberapa suku-suku lain yang juga bermukim di wilayah ini. Populasi suku Rukai saat ini diperkirakan lebih dari 11.000 orang.
  • nama lain: Drukay, Drukai, Dyokay, Dukai, Ritkai, Tsarisen, Tsalisen, Sarisen, Banga, Bantalang, Bantaurang, Taloma, Kadas 
  • bahasa: Rukai
  • kelompok bahasa: Austronesia
  • dialek: Budai, Labuan, Tanan, Maga, Tona, Mantauran. (tiga dialek dilaporkan menjadi berbeda)

Pemukiman masyarakat Rukai terkonsentrasi di Taiwan bagian selatan, seperti di area Maolin Scenic Kota Kaohsiung dan Wutai Township di Pingtung County, mereka juga ditemukan di Taitung County di Taiwan bagian timur.

Walaupun mereka memiliki ras mongoloid seperti bangsa Taiwan, tapi secara sejarah dan budaya mereka berbeda. Suku bangsa Rukai ini termasuk ras Austronesia yang berkaitan dengan bangsa-bangsa di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Indonesia, Filipina, dan beberapa kepulauan Polynesia lainnya.

lambang asal usul suku Rukai
Rukai memiliki rumah tradisional yang dinamakan Kochapongane, juga dikenal sebagai Old Haocha, yang terletak di selatan Taiwan kabupaten Pingtung. Orang Rukai menyebut diri mereka sebagai "orang-orang dari macan tutul awan".
Menurut legenda, ada dua bersaudara yang merupakan pemimpin suku. Mereka tumbuh berkembang dengan pesat, sehingga khawatir tanah tempat tinggal mereka tidak akan cukup. Mereka memutuskan untuk mencari ruang hidup baru, dengan bantuan pendamping berburu terpercaya mereka, Rikulai (sejenis macan dahan).
Legenda tentang Rikulai (macan dahan), adalah seekor hewan suci legendaris rakyat Rukai. Sekitar 700 tahun yang lalu, sekelompok nenek moyang Rukai mengikuti jejak kaki Rikulai untuk menemukan tanah abadi untuk pemukiman mereka. Mereka meninggalkan pantai timur, dan melalui sungai melewati hutan terdalam dari rentang pegunungan selatan Taiwan. Dan akhirnya, mereka menetap di kaki gunung Da-Wu di mana jejak kaki Rikulau berhenti, yaitu di tepi sebuah danau kecil di lembah yang indah dan tempat ini menjadi desa Old Haocha. Sampai sekarang Old Haocha masih menyimpan peninggalan mereka di masa lalu, yaitu rumah batu tradisional. Desa ini sekilas terlihat tidak banyak penduduknya, dikarenakan sebagian besar penduduknya meninggalkan desanya untuk bekerja di luar desa mereka.

Masyarakat Rukai mempertahankan hirarki sosial bangsawan dan rakyat jelata, dengan rakyat jelata bekerja di tanah para bangsawan dan mengambil bagian dari hasil panen. Namun, sosok bangsawan menonjol dalam pemeliharaan tradisi dan organisasi upacara khusus. Para perempuan unggul dalam kegiatan bordir, pakaian dekorasi dengan desain yang rumit. Namun, motif tertentu, seperti sosok manusia dan seratus kecepatan pit viper, hanya untuk kelas atas. Motif terkenal dalam seni Rukai adalah Maolin, dengan motif kupu-kupu besar yang dipakai sebagai pakaian seremonial.

Selain pakaian, perempuan dari kelas atas dapat dibedakan dari tato di punggung tangan mereka. Pola silang berulang ditujukan khusus bagi kaum bangsawan. Perempuan dianggap mulia oleh para tetua dihiasi hiasan kepala mereka dengan lily putih murni selama upacara khusus. Untuk laki-laki, lily putih adalah suatu kehormatan yang diberikan untuk melambangkan keunggulan dalam berburu atau mempertahankan desa dari serangan musuh.

Di luar acara-acara khusus dan upacara, para perempuan Rukai mengenakan karangan bunga yang terbuat dari bahan tanaman lokal yang memberi dari aroma yang menyenangkan dan yang estetis menyenangkan. Tradisi ini mulai menghilang seiring kemajuan zaman, tapi masih tetap terpelihara oleh para perempuan tua dari desa Wutai Atas di Pingtung.

Upacara populer suku Rukai adalah Festival Tahunan Panen Millet. Seluruh warga desa bersyukur atas hasil panen dengan harapan mendapat panen yang lebih baik untuk tahun depan. Tempat di mana upacara berlangsung dianggap tanah suci. Pengunjung yang ingin mengamati perayaan harus berhati-hati untuk tidak menginjak ke lapangan upacara, sebagai tradisional pemikiran Rukai menganggap bahwa tindakan tersebut akan membawa petaka di tahun mendatang. Upacara dimulai dengan masuknya para tua-tua laki-laki dan prajurit membawa persembahan makanan seperti daging babi. Setiap laki-laki memakai hiasan kepala, dan beberapa sangat rumit, mengacu pada status yang tinggi atau tingginya jumlah penghargaan yang diterima.

Kue millet, dimasak sebelum upacara dan jika tampaknya dimasak tepat, hal ini menyiratkan tahun sejahtera bagi desa. Jika matang atau setengah matang, atau dimakan oleh serangga, ini bisa mengeja bencana yang akan datang atau kesulitan.

Para laki-laki dari desa berdoa kepada leluhur dan dewa-dewa suku untuk berkah. Itu juga merupakan orang-orang yang mengambil bagian minuman keras millet. Ini minuman manis dan asam yang diseduh dari millet hanya untuk digunakan selama acara-acara khusus. Biasanya, ini minuman keras millet diberikan kepada kepala suku dan tetua dari suku pertama, dan jika ada sisa anggota muda akan dapat mencoba beberapa, tapi ini jarang terjadi. Dengan demikian, Rukai, seperti dengan sebagian besar suku-suku pribumi di Taiwan, tidak memiliki budaya minum tradisional. Padahal, dalam bahasa Rukai, tidak ada kata untuk alkohol. Sebaliknya, minuman keras millet disebut sebagai "air yang membuat orang kurang malu".

gadis Rukai
(postcrossing)
Untuk memasukkan perempuan dari desa dan untuk menanamkan udara meriah, ayunan tripod-seperti besar disiapkan. Hanya perempuan yang belum menikah diizinkan di ayunan. Sebuah tali digantung dari tengah tripod dan pada akhirnya adalah lingkaran di mana seorang wanita dapat menempatkan kakinya. Dia akan menerima dorongan untuk mendapatkan dia mulai, dari salah satu laki-laki dari desa, dan kemudian dia membungkuk dan diperpanjang kakinya untuk ayunan lebih tinggi. Diperkirakan bahwa semakin tinggi dia bangkit, semakin dekat ia akan ke surga dan berkat semakin ia akan menerima. Ayunan ini juga menonjol dalam upacara pernikahan Rukai.

Festival Panen Millet berlangsung sekitar 15 Agustus setiap tahunnya, yang sering dilaksanakan di Sekolah Dasar Wutai di Wutai Atas. Ini adalah upacara bersama antar desa-desa Rukai.

Di daerah Maolin Scenic memiliki koleksi sekitar 10 rumah batu tradisional. Satu telah berubah menjadi sebuah museum lokal dan pengunjung dapat melihat ke dalam. Di dalam bangunan terdiri dari satu ruangan besar dengan bagian-bagian tertentu yang ditunjuk untuk digunakan oleh perempuan, seperti area memasak. Daerah untuk upacara ibadah keluarga adalah domain eksklusif laki-laki. Area di bawah lantai batu tulis adalah kuburan keluarga. Anggota keluarga yang telah meninggal karena sebab alamiah diletakkan untuk beristirahat di sana, untuk memungkinkan mereka untuk tetap dekat dengan orang yang mereka cintai.

Maolin juga merupakan lokasi dari penyulingan minuman keras millet pertama berlisensi di Taiwan. Di tempat ini lah bagi para pengunjung mendapat kesempatan mencicipi ramuan tradisional suku Rukai.

sumber:
foto:

3 comments:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
      PALING MISKIN
      DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
      DAN 10 TAHUN ITU
      KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
      TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
      UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
      KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
      AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
      SEMUA TIDAK PERNAH
      MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
      MEMBERIKAN NOMOR,
      (MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
      (MBAH JOYO RATMO). DAN
      AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO y , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
      SAYA SANGAT
      BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
      TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
      MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
      INGIN MERUBA NASIB
      SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
      DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100% ..









































































































































































      Delete
  2. kami sekeluarga ingin mengucapkan
    puji syukur kepada AKY SANTORO
    atas nomor togel.nya yang AKY
    berikan 4 angkah alhamdulillah
    ternyata itu benar2 tembus
    dan alhamdulillah sekarang saya
    bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga dan bukan hanya
    itu AKY. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKY SANTORO
    sekali lagi makasih banyak ya AKY bagi saudara yang ingin di bantu melalui jalan di bawa ini
    >TOGEL JITU
    >PESUGIHAN UANG GAIB
    >PESUGIHAN JIN KHODAM
    >PESUGIHAN ASMA
    >PESUGIHAN UANG SEPASANG
    >PESUGIHAN TUYUL| PELARIS USAHA
    >PESUGIHAN UANG BALIK
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKY SANTORO,,di
    0852-1320-2855, atau KLIK DI SINI dan saya sudah membuktikan sekarang giliran saudara yg di luarsana

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,