Suku Pattinjo, Sulawesi

Suku Pattinjo, adalah etnis yang menghuni daerah kelurahan Tadokkong kecamatan Lembang di kabupaten Pinrang provinsi Sulawesi Selatan.

adat Maroddo
suku Pattinjo
pic kabarcelebes
Keberadaan suku Pattinjo sendiri selama ini diakui sebagai orang Bugis atau hanya dianggap sebagai salah satu sub-suku Bugis. Sedangkan pemerintah setempat sering mengkategorikan orang Pattinjo sebagai suku Bugis Pattinjo.

Sebenarnya daerah pemukiman suku Pattinjo berada di 4 kecamatan di kabupaten Pinrang sebagai tempat asal mereka, tetapi penyebaran mereka justru terbanyak berada di wilayah kabupaten Enrekang dan kabupaten Luwu, selain itu komunitas suku Pattinjo ini juga terdapat di Tarakan provinsi Kalimantan Timur.

Keberadaan suku Pattinjo sudah mulai dikenal keberadaannya sebagai sebuah "suku", yang selama berada di bawah bayang-bayang nama suku yang lebih besar yaitu "suku Bugis", dan sejak dahulu suku Pattinjo lebih dikenal sebagai "suku Bugis-Pattinjo". Selain itu orang Pattinjo sendiri lebih suka menyebut diri mereka sebagai suku Pattinjo.

Suku Pattinjo sebenarnya layak disebut 'suku", karena sejak dahulu suku Pattinjo telah memiliki struktur pemerintahan sendiri yang mereka patuhi dan berlaku turun temurun, seperti Maddika (setingkat Kepala Desa), Tomakaka dan Pakkarungan (Arung).
Selain itu suku Pattinjo juga memiliki adat-istiadat, budaya serta bahasa sendiri. Beberapa tradisi budaya suku Pattinjo yang sudah mulai dikenal adalah Marroddo yang ada di desa Basseang kecamatan Lembang, Suling Bambu di desa Sali-sali, Pencak Silat dan Rebana.

Selama ini suku Pattinjo identik dengan suku Mandar, ketika wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat masih bergabung, suku Pattinjo dikelompokkan dalam bagian suku Mandar atau dengan kata lain suku Pattinjo satu kesatuan dengan suku Mandar. Saat ini wilayah suku Mandar berada di Sulawesi Barat, sedangkan wilayah pemukiman suku Pattinjo tetap berada di wilayah Sulawesi Selatan.

Suku Pattinjo secara kultur budaya sebenarnya lebih mendekati kultur budaya orang Toraja. Dari segi bahasa juga, bahwa bahasa Pattinjo lebih banyak kemiripan dengan bahasa Toraja, dibanding dengan suku Bugis dan Makasar. Bahkan menurut sebuah tulisan di web, mengatakan bahwa secara struktur fisik, orang Pattinjo memiliki struktur fisik orang Toraja. Menurut dugaan bahwa kemungkinan dahulunya orang Pattinjo memiliki sejarah asal usul yang sama dengan orang Toraja.

Suku Pattinjo mayoritas adalah pemeluk agama Islam, yang dikembangkan oleh orang-orang dari Tanah Bugis pada beberapa abad yang silam. Beberapa tradisi adat suku Pattinjo mengandung unsur-unsur Islami yang dikombinasikan dengan adat asli suku Pattinjo.

Suku Pattinjo memiliki karakter yang terbuka dan cenderung spontan dalam menyikapi sesuatu, atau dalam istilah lain "ceplas-ceplos". Karakter lain orang Pattinjo adalah keras, dan tidak suka diatur oleh orang lain. Beberapa cerita negatif tentang orang Pattinjo, yang menceritakan orang Pattinjo adalah kasar, pengangguran dan suka mencari masalah. Benar atau tidaknya cerita negatif tentang orang Pattinjo, tentunya masyarakat suku Pattinjo sendiri lah yang harus menyikapinya secara bijaksana.

Dalam kehidupan sehari-hari, pada dasarnya masyarakat suku Pattinjo hidup pada bidang pertanian. Tetapi saat ini sebagian masyarakat suku Pattinjo lebih suka berprofesi pada bidang-bidang lain.

sumber:

30 comments:

  1. saya adalah seorang pattinjo yang berasal dari basseang dan sekang di besarkan di batusura dan saya juga masih tinggal di batusura dan sekang lagi mejejeki suatu bidang ilmu pendidikan di universiatas islam makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal dan salam buat seluruh warga Pattinjo,
      terima kasih atas kunjungannya ya..

      Delete
  2. Apa kareba sammane magala gala bangngi raka tau tu..

    ReplyDelete
  3. Orang gunung harus dperhatikan....

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nakua to Pattinjo,,, kulabbirang sangakku sule di kampong daripada dipakkasiria lako kampongna tau na tannia ikita padoloi

    ReplyDelete
  6. Buku ini memberi kejelasan tentang dinamika identitas di wilayah Ajattappareng, termasuk kenapa lebih di-bugis-kan, padahal 'turun' dari pegunungan Toraja.
    Meneliti tentang Ajattappareng rentang 1200-1600 masehi.

    http://www.academia.edu/993829/The_Lands_West_of_the_Lakes_A_History_of_the_Ajattappareng_Kingdoms_of_South_Sulawesi_1200_to_1600_CE

    ReplyDelete
  7. halo sammane!!!!!!!
    denno raka tau ulusaddang(salimbongan) dio te,e?????

    ReplyDelete
  8. Yaku to pattinjo tapi temo dioa makassar majjama

    ReplyDelete
  9. MUNGKIN SAYA BUTUH PENJELASAN TENTANG ADAT MARODDO?

    ReplyDelete
  10. jolo jolo tu timatuatta nakua yake tau pattinjo taro ada taro gau.... joke magpisunang ada tapi napingaun toi

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Tomotu. Temo tanniamo kabattakang iattuang. Taeng guna. Iyake dio bangngi to lampu alai mate.

      Delete
  11. beta lee orang pattinjo ndaeng

    ReplyDelete
  12. Denno raka tau ulusaddang ( bone ) inde tee

    ReplyDelete
  13. halo sammane... denno raka tau pattinjo dibalikapapan.. mesa mesa kusading lako te balikapapan... tau bongi letta a yaku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..dimbora kiew tatorroi di balikpapan..

      Delete
    2. Dio gunung bakaran. Sanganna i Ustadz Darwis
      Sideppe toi bolana Puang Darwis Uban

      Delete
  14. Selamat kepada Orang Pattinjo. Tetap berjuang agar di akui sebagai salah satu suku di Sulawesi.Tunjukkan eksistensi sebagai Suku bukan sub Suku.

    ReplyDelete
  15. Slam kenal suku patinjo, sy lahir besar toli", Mama saya ogi soppeng, bapak saya bugis sidrap tapi (Indo dari bapak saya) suku Letta, kata orang tua saya, "Nenek saya anak dari Daeng Mangewa", karena nama keturunan/pam diambil dari kakek saya, saya cuman tw bahasa suku bugis, dan saya ingin belajar bahasa suku Letta Dimna bisa belajar bahasa suku Letta patinjo (ditolitoli)?

    ReplyDelete
  16. Tabe mangngandiku, sammane'ku. Saya anak asli pattinjo berasal dari dusun Lome Duampanua Pinrang. Saat ini, suku pattinjo punya lembaga kerukunan keluarga besar pattinjo (KESARPATI). Mari menyatukan persepsi untuk suku dicintai bisa diakui sesuai dg esensi sebenarnya.
    Kita tau pabbutu', saba' pole buttu assaranna to tau di sulawesi. Mammesa'ki sammane' krn Suku Pattinjo Letta Batulappa punya sejarah panjang dn hingga saat keturunannya sudah beredar di berbagai wilayah. Jangan sampai terlupakan.

    ReplyDelete
  17. Assalamu alaikum. Saya juga orang pattinjo, dari padanglolo/bilajeng. Salam kenal

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,