Suku Peminggir, Lampung

pakaian adat Peminggir
Suku Peminggir, adalah beberapa kelompok masyarakat yang berada daerah pesisir dan tersebar di beberapa wilayah di provinsi Lampung.

Suku Peminggir ini berada di bawah adat Saibatin. Saibatin adalah satu dari 2 adat yang terdapat di provinsi Lampung. Masyarakat Peminggir ini disebut juga sebagai masyarakat pesisir.

Adat Saibatin, adalah adat yang melaksanakan adat musyawarah tanpa menggunakan kursi Pepadun. Karena mereka sebagian besar berdiam di tepi pantai, maka disebut juga sebagai adat Pesisir. Suku Lampung beradat Saibatin (Peminggir) secara garis besar terdiri atas: suku Peminggir Semangka, suku Peminggir Pemanggilan, suku Peminggir Teluk, suku Melinting Rajabasa, suku Peminggir Skala Brak dan suku Peminggir Komering. Masyarakat adat Peminggir ini sukar untuk diperinci sebagaimana masyarakat Pepadun, dikarenakan di setiap daerah kebatinan terlalu banyak terjadi percampuran asal keturunannya.

Beberapa kelompok suku yang mendapat sebutan sebagai suku Peminggir, yaitu:
  • Peminggir Semangka
    Suku Peminggir Semangka dikatakan berasal dari keturunan suku Lampung yang datang dari Skalabrak yang masuk melewati pinggiran pantai. Pada perjalanan migrasi nenek moyang mereka pada masa dahulu menetap di sekitar Teluk Semangka. Daerah ini lah yang menjadi identitas nama kelompok mereka Peminggir Semangka.
    Suku Peminggir Semangka ini bertempat tinggal di pesisir pantai dan sering berlayar ke lautan. Masyarakat suku Peminggir Semangka ini lah yang banyak berprofesi sebagai nelayan. Sehingga lebih dikenal sebagai suku Pelaut nya suku Lampung.
  • Peminggir Pemanggilan
    Suku Peminggir Pemanggilan, menurut cerita asal usul rakyat Lampung, dikatakan dahulunya nenek moyang suku Peminggir Pemanggilan ini berasal dari nenek moyang suku Lampung yang berasal dari keturunan Kekhatuan Pemanggilan di Skalabrak. 
  • Peminggir Teluk
    Suku Peminggir Teluk dikatakan juga berasal dari Skalabrak yang bermigrasi melalui wilayah di sekitar Telukbetung sampai ke Pedada.
    Adat istiadat suku Peminggir Teluk ini sama dengan adat Peminggir Pemanggilan. Hanya terdapat sedikit perbedaan pada upacara adat serta dialek bahasa.
  • Belalau
  • Melinting Rajabasa
  • Skalabrak
  • Komering
  • Krui
  • Smoung

Pada awalnya suku-suku Peminggir ini adalah satu keturunan dan adat yang sama di Paksi Semaka, hanya saja karena pada masa lalu nenek moyang mereka melakukan perjalanan migrasi dalam kelompok yang berbeda, dan juga menempati wilayah yang berbeda, sehingga saat ini beberapa adat-istiadat yang diusung mereka pun menjadi berbeda karena telah terpisah oleh waktu yang lama serta letak geografis yang berbeda.

Walaupun saat ini mereka terpisah di beberapa wilayah yang berbeda, dan memiliki dialek yang berbeda, tetapi mereka tetap mengakui bahwa mereka semua adalah saling berkerabat.

sumber:
  • supriliwa.wordpress.com: adat-istiadat-lampung
  • wikipedia
  • foto: mannaismayaadventure.com
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,