Suku Cocos

suku Cocos di Sabah
Suku Cocos, adalah suatu suku-bangsa yang berada di wilayah Sabah Malaysia. Suku Cocos ini bermukim di Lahad Datu, Kunak, Sandakan dan Tawau. Mereka pada awalnya bermigrasi sejak puluhan tahun yang lalu dari kepulauan Cocos (Keeling Islands), suatu kepulauan di bawah kekuasaan Australia pada 1950-an. Populasi suku Cocos ini di Sabah Malaysia, diperkirakan sebesar 4.000 orang.

Asal-usul suku Cocos ini berasal dari kepulauan yang berada di bawah kekuasaan Australia, yaitu kepulauan Cocos (Keeling Islands). Di kepulauan Cocos ini, mereka telah hidup beratus-ratus tahun dengan tetap mempertahankan budaya Melayu, serta agama Islam yang mereka anut sejak lama. Konon, sebelum berada di kepulauan Cocos, mereka berasal dari tanah Melayu, yang diperkirakan berasal dari daerah Riau Sumatra atau dari Semenanjung Malaysia pada ratusan tahun sebelum mereka hidup di kepulauan Cocos. Budaya yang mereka usung di kepulauan Cocos, adalah budaya Melayu yang mirip dengan budaya Melayu Riau dan Melayu Malaysia.
tarian suku Cocos di Sabah
Saat ini masyarakat suku Cocos yang berada di Sabah Malaysia, telah menyatu dengan adat-istiadat dan budaya Melayu Sabah dan telah diakui sebagai bagian dari kesatuan rumpun Melayu Malaysia. Sedangkan leluhur mereka di kepulauan Cocos, walaupun masih mempertahankan budaya Melayu, tetapi beberapa karakter budaya mereka telah banyak menyerap budaya barat, sehingga beberapa makanan, tarian dan musik suku Cocos di kepulauan Cocos lebih memiliki rasa kebarat-baratan.

sumber:
  • etawau.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

2 comments:

  1. boleh tolong terangkan tentang tarian nona man sayau dari bangsa kokos? thanks :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,