Suku Atayal, Formosa, Taiwan

perempuan Atayal
Suku Atayal, hidup di pegunungan utara pulau Formosa Taiwan. Populasi suku Atayal diperkirakan sebesar 90.000 orang. Suku Atayal, juga dikenal sebagai Tayal atau Tayan, adalah salah satu suku pribumi Taiwan. Mereka adalah kelompok pribumi terbesar kedua di Taiwan. Dalam bahasa Atayal, "atayal" berarti "orang asli" ​​atau "orang berani".

nama lain: Tayal, Taiyal, Etall, Atazan, Etall
bahasa: Atayal
kelompok bahasa: Austronesia

Suku Tayal pada awalnya menetap di wilayah Cina bagian selatan, sekitar 7000 tahun yang lalu. Catatan pertama dari inhabitance Atayal ditemukan dekat hulu Sungai Zhuoshui. Namun, selama abad ke-17 mereka menyeberangi Barisan Pegunungan Tengah ke padang gurun sebelah timur. Mereka kemudian menetap di lembah Sungai Liwu. Sebanyak 79 desa Atayal tersebar di sini.

gadis Atayal
(redbubble)
Dalam legenda orang Atayal, yang diceritakan oleh orang tua mereka secara turun temurun, bahwa nenek moyang orang Atayal pertama kali muncul dari sebuah batu Pinspkan, retak terbelah tiga menjadi tiga manusia. Tetapi satu dari tiga orang tersebut memutuskan untuk kembali menjadi batu. Tinggallah seorang laki-laki dan seorang perempuan yang hidup bersama dan saling mencintai. Tapi si laki-laki itu ternyata pemalu dan tidak berani mendekati si perempuan. Akhirya si gadis itu pergi dan menemukan batubara yang digunakan untuk menghitamkan wajahnya sehingga dia bisa mengaku sebagai orang lain. Si laki-laki itu mengira gadis itu adalah orang lain dan merekapun hidup bahagia selamanya. Tidak lama kemudian, pasangan itu melahirkan anak-anak, memenuhi misi mereka untuk melanjutkan generasi berikutnya.

Suku Atayal terkenal dengan tato di wajah (ptasan), perempuan mensyaratkan bahwa anak perempuan pertama belajar menjadi penenun dan petani sebelum mereka meghiasi wajah mereka dengan Tato. Sedangkan laki-laki, memiliki tato yang relatif sederhana, hanya dengan dua band bawah dahi dan dagu. Tato wajah digunakan untuk menjadi fitur antara laki-laki dan perempuan sebagai tanda dewasa atau kehormatan, atau untuk membedakan mereka dari suku-suku lainnya pada saat perburuan kepala "kayau" yang  menjadi praktek populer. Tradisi dan istilah "kayau" ini mirip dengan kebiasaan suku dayak di kalimantan pada masa lalu yang menerapkan tradisi "kayau", yang pada suku dayak di kalimantan juga disebut sebagai "kayau", yaitu perburuan kepala musuh menjadi lambang kebanggaan bagi para laki-laki suku tersebut.

suku atayal
(tacp.gov.tw)
Laki-laki suku Atayal dikenal karena kekuatan militer dan keterampilan berburu, sementara perempuannya terkenal dalam keahlian menenunnya.  Suku Atayal adalah suku yang terakhir mengangkat senjata terhadap penindasan kejam Jepang, dalam pemberontakan Wushe tahun 1930, mereka bangkit di bawah kepemimpinan Kepala Mona Rudao.

sumber:
  • wikipedia
  • formosatribal.com
  • tacp.gov.tw
  • redbubble.com
  • wikipedia
artikel lain:

4 comments:

  1. weh...mantappp bro, baru tahu juga nih kalau di Taiwan ada Dayak, dan bahasanya pun hampir mirip dengan bahasa Dayak di Kalimantan. Istilah "Kayau" nya itu lho yang sama persis tidak ada perbedaan arti di dalamnya. "Kayau" atau "Ngayau" adalah istilah untuk perburuan kepala musuh. "Kayau" adalah kata dasar (noun) jika di Kalimatan, sedangkan "NGayau" adalah kata kerjanya atau (verb)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar bro, memang antara suku dayak di kalimantan dan suku-suku di Formosa-Taiwan, sepertinya memiliki kekerabatan. tradisi, budaya dan cara mereka berpakaian mirip dengan orang dayak.
      kalau mau lihat bahasa suku2 di formosa, silahkan lihat di
      word-dialect.blogspot.com

      trims bro... salam kenal

      Delete
  2. sekilas budaya Suku Atayal mirip sama Dayak. Lengkapnya ada di film Warrior of The Rainbow: Seediq Bale. Tq infonya.

    ReplyDelete
  3. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,