Suku Ami, Formosa, Taiwan

suku Amis
(go2taiwan.net)
Suku Ami (Amis), adalah yang paling banyak penduduknya dari semua kelompok penduduk etnis asli Taiwan, yaitu sebanyak 170.000 orang, mendiami bagian timur pulau Formosa.  Diperkirakan suku Ami berasal dari Cina bagian selatan, yang bemigrasi ke daratan Formosa Taiwan, sejak 7000 tahun yang lalu. Selain itu menurut perkiraan bahwa setelah migrasi pertama suku Ami ke Formosa, sebagian kecil kelompok melanjutkan perjalanan migrasi ke wilayah sumatra dan kalimantan serta sulawesi.

nama lain: Amis, Amia, Moamiami, Mo-quami, Pangtash
bahasa: Ami
kelompok bahasa: Austronesia


gadis Amis
(go2taiwan.net)
Bahasa Ami, yang dituturkan oleh suku Ami termasuk dalam rumpun keluarga bahasa Austronesia. Walaupun bahasa Ami, terdapat beberapa kemiripan dengan bahasa-bahasa etnis asli lainnya di Formosa, tetapi saling tidak dimengerti antara pemakai-pemakai bahasa di Formosa Taiwan. Terdapat hubungan antara bahasa Ami dengan bahasa-bahasa proto-malayan di sumatra dan kalimantan, contoh "ina", berarti "ibu" pada suku Ami, sama dengan sebutan "ina" pada suku batak di sumatra dan suku dayak di kalimantan.

Suku Ami dalam sistem sosial mereka, memiliki sistem matrilineal warisan dan hirarki sosial berdasarkan usia.  Mereka memiliki banyak subkelompok berdasarkan bahasa, adat dan pakaian. 
Untuk mempertahankan budaya tradisional Ami, yaitu "taibalang", keluarga suku tinggal di kebun, menanam anggur, jenis pakis yang pada awalnya tumbuh liar juga dimanfaatkan sebagai sayuran (seperti yang dikonsumsi suku dayak di kalimantan "kelakai" adalah jenis pakis yang pucuk daun mudanya dapat dijadikan sayuran). 

tarian suku Amis
(formosatribal.com)
Pada awalnya orang Ami mempercayai dunia animisme, tetapi saat ini sebagian besar dari mereka yang memeluk agama Kristen. Banyak dari mereka yang bekerja sebagai misionaris Kristen, dan terdapat tiga sub-suku Ami dengan kehidupan gereja.

Gaya hidup suku Ami tradisional adalah pertanian, perikanan dan berburu.  Mereka juga terkenal karena ketrampilan mereka membuat tembikar.

baca juga:
sumber:
  • formosa-shopping.com
  • go2taiwan.net
  • formosatribal.com
  • formosa1984.blogspot.com
  • taiwan.net.tw
  • wikipedia
artikel lain:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,