Suku Tao, Formosa, Taiwan

suku Tao
(intercontinentalcry)
Suku Tao, salah satu suku asli di Formosa, Taiwan, terkenal karena budaya perahu mereka yang merupakan agregasi dari fisiologi, ekonomi psikologi, dan keyakinan. Mereka berasal dari Lanyu (Orchid Island), sebuah wilayah Taiwan, dari pantai tenggara Taiwan. Pada sensus tahun 2000 populasi suku Tao, adalah sebesar 3872 orang.

nama lain: Yami
bahasa: Tao
kelompok bahasa: Austronesia

kerabat:

-  Itbayat
-  Ivatan
     - Ivasay
     - Isamorong
-  Babuyan

Suku Tao, dikenal juga sebagai suku Yami, adalah penduduk asli Taiwan, mendiami sebuah pulau terpencil , yaitu pulau Anggrek (Orchid Island). Secara budaya suku Tao lebih dekat dengan orang Ivatan di pulau Batanes Filipina daripada penduduk asli lainnya di Taiwan. Kata tao, berarti "orang", dalam kedua bahasa Tao dan hampir seluruh bahasa di Filipina. Orang Tao secara tradisional ahli dalam membuat balangays (kano), yang merupakan lambang suku mereka.

Bahasa Tao (Yami), termasuk ke dalam rumpun bahasa Malayo-Polynesia, cabang dari rumpun bahasa Austronesia.

tarian tradisional Tao
(forumbiodiversity)
Struktur sosial Tao didefinisikan oleh garis keturunan patrilineage, dan kerabat dari leluhur laki-laki sama sering diikat, sesama keturunan dari keluarga laki-laki tidak diperbolehkan menikah.

Masyarakat Tao percaya dan takut kepada Anito (roh jahat). Orang Tao sujud kepada matahari atau bulan untuk membuat pengakuan dosa dan berdoa kepada tuhan, namun mereka tidak memiliki bangunan untuk menyembah dewa dan roh-roh suci, juga tidak memiliki patung dewa. Menangkap ikan terbang pada bulan-bulan tertentu adalah salah satu ritual tradisi keagamaan suku Tao. Seluruh proses memancing ikan terbang memiliki makna ritual yang luar biasa, dan hubungan dekat Tao dengan laut juga tercermin dalam upacara-upacara dan ritual terkait. Upacara Boat Launching dan Upacara Flying Fish, pada khususnya.

Orang Tao terampil dalam membangun dan mengukir perahu papan, membuat perak, memproduksi gerabah dan boneka tanah liat. Mereka menganggap perahu sebagai tubuh manusia. Perahu-bangunan adalah misi suci dan menjadi bagian dari kehidupan. Memiliki perahu berarti memiliki laut dan langit dan memiliki keberanian. Untuk orang Tao, "bangunan perahu" adalah manifestasi dari keilahian dan kecantikan.

perempuan Tao
(photojazz.ws)
Orang Tao, bertahan hidup dengan pertanian, pada awalnya mereka menanam ubi jalar di dekat pantai. Selai itu mereka juga menanam buah-buahan dan sayuran. Mereka juga menanam kelapa, tetapi tidak tumbuh secara liar, kelapa ini hanya dimiliki oleh keluarga yang berada di atas tanah pribadi. Di pulau Orchid ini, millet juga tumbuh dan biasanya ditumbuk ke dalam kue dan dimakan dengan daging babi. Mereka akan melaksanakan acara tahunan Festival millet tradisional yang dilaksanakan pada awal musim panas.
Orang Tao memelihara hewan ternak seperti ayam dan babi dan kehidupan sebagai nelayan juga cara lain bagi orang Tao untuk bertahan hidup. Perairan dan terumbu karang di sekitar pulau Orchid, kaya ribuan jenis ikan tropis yang menyediakan berbagai makanan berlimpah untuk mereka. Ikan terbang dianggap sebagai makanan paling penting, yang hanya boleh ditangkap pada bulan-bulan tertentu. Ikan terbang dianggap keramat dan tabu untuk ditangkap sembarangan. Bagi perempuan hamil hanya boleh makan empat jenis ikan, dan orang tua hanya mengkonsumsi jenis tertentu.


sumber
  • china post & council of indigenous peoples, taiwan
  • word-dialect.blogspot.com
  • forumbiodiversity.com
  • intercontinentalcry.org
  • dmtip.gov.tw
  • photojazz.ws
  • wikipedia
artikel lain:

1 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,