Suku Rawang, Burma

Suku Rawang, adalah kelompok masyarakat yang bermukim di negara bagian Kachin di utara jauh Burma (Myanmar). Populasi orang Rawang di Burma diperkirakan lebih dari 60.000 orang.
  • nama lain: Nun-Rawang, Nung, Ganung, Kanung
  • bahasa: Rawang
  • kelompok bahasa: Sino-Tibetan
  • sub etnis dan dialek: (sekitar 70 sub etnis dan dialek)
    • Matwang
    • Daru Jerwang
    • Changgong Tangsar (Tangsar Timur)
    • Khrangkhu / Thininglong (Lungmi Selatan)
    • Kyaikhu (Lungmi Utara)
      • Dangraq
      • Mashang
    • Matwang
    • Western Tangsar: (dilaporkan memahami dialek Matwang tertulis, bagian dari rantai varietas terkait dengan Drung, orang dari Nu kebangsaan China)
      • Langdaqgong
      • Renyinchi
    • Daru di Arunachal Pradesh, India. 
    • Anong (Khingpang)
    • Drung (Thrung) kadang dimasukkan sebagai varietas Rawang varietas (Morse 1989)
    • dan lain-lain

laki-laki Rawang
(victoria)
(foto kredit: P. Christiaan Klieger,
California Academy of Sciences,
2001)
Suku Rawang berbicara dalam bahasa mereka sendiri, yaitu bahasa Rawang, dalam penulisan mereka menggunakan tulisan dalam dialek Matwang (salah satu dialek Rawang).
Selain di Burma, orang Rawang juga terdapat di Arunachal Pradesh, India. Suku Rawang, sebagai induk suku, memiliki 70 sub etnis, yang tersebar di berbagai daerah Kachin Burma dan Arunachal Pradesh India.

Asal usul orang Rawang berdasarkan cerita legenda rakyat, menceritakan mereka berasal dari Nung-Rawang. Nung-Rawang adalah anak pertama dari 6 bersaudara dari keluarga Kachin yang utama, yang menurunkan suku Rawang. Dari penelitian budaya dan tradisi lisan mereka sendiri, Nung-Rawang kemungkinan besar adalah keturunan Mongolia yang pindah ke selatan dari stepa Mongolia ke wilayah 3 sungai (Mekong, Yantzi dan Salween) dari China. Selama milenium kedua, kelompok keturunan Nung-Rawang bermigrasi ke selatan barat Himalaya di bagian atas Burma, mencari lahan pertanian yang subur. Mereka menetap di beberapa lembah dan pegunungan terpencil di seluruh Burma.
Kelompok Nung-Rawang adalah masyarakat yang damai, rajin, orang gunung berbasis pertanian dikenal dengan stabilitas mereka, keramahan, dan tradisi hidup yang warna-warni. Hidup di daerah yang indah dan terisolasi di sebelah utara Burma, mereka berkembang menjadi sejahtera melalui pasokan berlimpah batu giok dan emas di wilayah mereka.

Melacak akar asal usul orang Rawang, adalah berasal dari Mongolia dan Tibet barat yang melintasi wilayah tersebut sekitar 1.000 tahun yang lalu. Statistik pemerintah menempatkan jumlah mereka sekitar 60.000 orang, namun populasi orang Rawang mungkin lebih tinggi karena banyak telah terintegrasi selama bertahun-tahun dengan suku Maru, Lisu dan Jinghpaw dan Kachin.

Selama masa kolonial Inggris, keberadaan mereka dianggap mitos, seperti laporan koheren dari "suku pigmy" di pegunungan utara Burma, yang disebut sebagai suku Trung. Suku Trung adalah salah satu sub-suku Rawang, yang memiliki postur tubuh pendek, dikenal karena keahlian panah berburu mereka. Studi antropologi yang ekstensif telah dilakukan pada kelompok etnis terpencil oleh Dr Christiaan P. Klieger dari California Academny, sejak tahun 2001.

Orang Rawang sangat menghormati ayam jantan mereka, karena menurut cerita rakyat Rawang secara turun menurun, menceritakan ketika dunia masih diselimuti kegelapan. Manusia menyuruh kambing untuk mengambil matahari dari langit, tapi kambing menolak. Kemudian mereka mendesak banteng untuk pergi, tapi banteng juga keberatan. Semua hewan diminta untuk melakukan perjalanan mengambil matahari tersebut, tapi hampir semua tidak bersedia. Terakhir seekor ayam dengan sukarela melakukan perjalanan tersebut. Sesampai di gerbang surga, ayam memerintahkan matahari muncul setiap kali ia berkokok. Matahari setuju, dan sejak itu setiap ayam berkokok pada pagi hari, maka matahari akan muncul. Manusia senang, dan sangat menghargai ayam dengan gandum dan beras ketan.
Cerita yang menarik tentang bagaimana orang Rawang diberkati dengan sinar matahari menurut cerita legenda mereka. Sampai saat ini orang Rawang masih menghormati ayam jantan mereka.
Tapi cerita ini memudar secepat generasi muda Rawang pergi ke kota-kota besar dan jauh dari tungku keluarga di mana legenda ayam itu berlalu dari satu generasi ke generasi lain.

Orang Rawang juga dikenal sebagai Ganung, dan ini adalah istilah yang diadopsi oleh pemerintah kolonial Inggris. "Nung" berarti sungai berlumpur dan mengacu ke wilayah orang Putao yang juga dihuni oleh orang Rawang. Orang Shan dan Jinghpaw memanggil orang Rawang sebagai "Kanung". Dalam Shan, turunan dari kata yang "Khenung", yang berarti perbudakan. Hal ini telah menyebabkan asumsi yang salah bahwa orang Rawang adalah budak.

Di masa lalu, orang Rawang yang dituduh melakukan kejahatan akan mengakui kesalahannya sebelum panel para pemimpin desa. Terdakwa desa akan menempatkan tongkat di tanah untuk setiap titik yang valid yang dibuat mengenai kasusnya.

tari tradisional suku Rawang
"Azolom"
(irrawaddy)
Satu tradisi Rawang yang tetap terpelihara adalah "Azolom", suatu acara tradisional yang diisi dengan upacara adat dan tarian. Tarian ini disusun dalam formasi berbentuk siput di mana setiap lingkaran menggambarkan migrasi Rawang dari banjir. Menariknya, fitur banjir peradaban yang mengancam di mitologi Rawang sejelas dalam teks-teks Judeo-Christian (Yahudi-Kristen).
Para penari membuat melambaikan gerakan dengan tangan mereka seperti burung dalam penerbangan, dengan ceracap dan drum. Para laki-laki mengenakan jas berwarna putih, merah, hijau dan hitam, warna yang mewakili masing-masing kemurnian, keberanian, kedamaian dan stabilitas. Mereka membawa pedang tumpul bermata dengan gigi harimau dan memakai topi rotan bantalan taring babi hutan liar.

Orang Rawang menghormati harimau dan babi hutan untuk kemerdekaan sengit dan kurangnya naluri kawanan, mengidentifikasi karakteristik ini dengan cinta mereka sendiri otonomi. Kedalaman hormat yang mungkin pertahanan terbaik Rawang memiliki terhadap ancaman terhadap budaya dan tradisi mereka.

sumber:
artikel lain:

1 comments:

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,