Suku Saaroa, Formosa, Taiwan

Suku Saaroa, adalah salah satu suku asli Formosa, Taiwan, yang bermukim di daerah pegunungan tengah barat, selatan dan tenggara Minchuan, sepanjang Laonung River. Populasi orang Saaroa diperkirakan sebesar 740 orang.
  • nama lain: Saroa, Saarua, Rarua, La'alua, Pachien, Paichien, Sisyaban
  • bahasa: Saaroa. (diambang kepunahan)
  • kelompok bahasa: Austronesia

orang Saaroa tahun 1900 (Ralph Repo/Flickr)

Orang Saaroa memiliki bahasa asli, yaitu bahasa Saaroa. Bahasa Saaroa adalah kelompok bahasa Tsouic Selatan, yang merupakan bahasa dari keluarga rumpun bahasa Austronesia. Sejak tahun 1690 bahasa Saaroa berada di ambang kepunahan. Saat ini orang Saaroa banyak berbicara dalam bahasa Bunun, Taiwan dan Mandarin. Hal ini terjadi karena sejak dahulu banyak orang Bunun yang bermigrasi ke daerah hunian orang Saaroa.
Saat ini hampir tidak ada generasi muda yang berbicara dalam bahasa Saaroa. Diperkirakan hanya tinggal para orang tua saja yang masih bisa berbicara bahasa Saaroa.

Dari pendapat para peneliti, dikatakan bahwa orang Saaroa kemungkinan berasal dari orang Tsou Selatan yang pada perjalanan migrasinya terpecah menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok Kanakanavu dan kelompok Saaroa sekitar 800 tahun SM. Perbedaan linguistik antara Kanakanavu dan Saaroa tidak besar, karena di antara mereka bisa saling mengerti.

sumber:
artikel lain:

1 comments:

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya IBU HERAWATI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor Togel toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya kunjungi situs/website KLIK DISINI RITUAL PESUGIHAN DUNIA GHAIB


    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,