Suku Kaco, Kamboja

Suku Kaco (Kachok) merupakan suatu kelompok masyarakat yang hidup di dataran tinggi di Kamboja. Mereka disebut juga suku bukit (Hill Tribes) bersama suku-suku minoritas lain yang hidup di dataran tinggi Kamboja. Populasi mereka terbilang kecil, sekitar 3400 orang.

anak-anak Kaco
(joshuaproject)
Suku Kaco hanya terdapat di Kamboja. Mereka bertahan di wilayah ini sejak kehadiran mereka pertama kali di sini. Mereka berbicara dalam bahasa Kaco, yang merupakan klaster dari keluarga bahasa Mon-Khmer, cabang dari rumpun bahasa Austroasiatic.

Kepercayaan yang merupakan agama ethnic masih tetap diyakini sebagian besar kelompok masyarakat Kaco. Hanya sebagian kecil yang telah memeluk agama Theravada Buddhisme dan Kristen. Agama etnis sangat kuat berakar dalam masyarakat Kaco. Tradisi adat dan budaya tetap dipertahankan, karena merupakan identitas etnis yang setara dengan budaya mereka.

sumber:
artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,