Suku Anak Dalam

Suku Anak Dalam, adalah beberapa kelompok suku terasing yang tersebar di hutan pedalaman Sumatra Selatan.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa suku Anak Dalam dan suku Kubu adalah sama. Memang dilihat dari kebiasaan dan gaya hidup sepertinya kedua kelompok suku ini terlihat sama. Tetapi apabila diperhatikan lebih seksama, ternyata kedua kelompok suku ini berbeda dari segi fisik. Suku Kubu berada di wilayah provinsi Jambi termasuk dalam ras Weddoid, memiliki kulit gelap dan berambut keriting. Sedangkan suku Anak Dalam berada di pedalaman hutan Sumatra Selatan yang memiliki ras Mongoloid, berkulit kuning, dan rambut kebanyakan lurus.

Suku Anak Dalam sendiri terdiri dari beberapa kelompok kecil, yang tersebar di pedalaman hutan Sumatra Selatan. Suku Anak Dalam secara fisik termasuk dalam ras Mongoloid, berkulit kuning dan berambut agak lurus.

Beberapa suku Anak Dalam di Sumatra Selatan adalah:

suku Rawas
Suku Rawas, adalah kelompok suku Anak Dalam yang mendiami wilayah hutan Musi Rawas Sumatra Selatan.
Masyarakat suku Rawas ini menggunakan bahasa Melayu dan berkulit kuning, bermata agak sipit dan berambut lurus. Kelompok inilah yang sering disebut Suku Anak Dalam. Suku Rawas ini termasuk dalam rumpun Proto Malayan.

.



suku Banyuasin
Suku Banyuasin, adalah kelompok yang disebut juga sebagai suku Anak Dalam, adalah salah satu suku yang menempati seluruh kecamatan di kabupaten Musi Banyuasin, yaitu di kecamatan Babat Toman, kecamatan Bayung Lencir, kecamatan Sungai Lilin dan kecamatan Banyuasin Dua dan kecamatan Banyuasin Tiga. Pemukiman mereka berada pada dataran rendah yang banyak ditemui rawa-rawa dan berada di daerah beberapa aliran sungai cabang dari sungai Musi.

selengkapnya tentang suku Banyuasin...


suku Teras
Suku Teras, adalah suatu komunitas suku terasing yang bermukim di sekitar sungai Teras di SP9 Cecar kabupaten Musirawas provinsi Sumatra Selatan. Suku Teras ini kadang disebut juga sebagai suku Anak Dalam. Karena mereka lebih memilih hidup secara terasing di pedalaman dari pada berbaur dengan masyarakat suku lain.

selengkapnya tentang suku Teras...





diolah dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,