Suku Nukak

suku Nukak
Suku Nukak, adalah salah satu suku Indian yang merupakan suku penyendiri atau tertutup, mereka melarikan diri dari hutan mereka, karena terjebak dalam perang saudara berdarah antara gerilyawan dan tentara Kolombia. Suku Nukak ini adalah salah satu suku dari beberapa suku Indian di Amazon yang nomaden. Hidup mereka dalam kelompok keluarga kecil jauh di dalam hutan hujan di Kolombia dan Brasil. Mereka bergerak dari kamp ke kamp setiap beberapa hari tergantung pada ketersediaan hasil buruan dan pengumpulan buah-buahan dan sayuran. Ikan juga merupakan makanan penting. Mereka kontak pertama kali dengan pihak luar di tahun 1988. Lebih dari setengah jumlah mereka telah meninggal, terutama karena flu dan malaria ditularkan oleh orang luar.

Suku Nukak Kolombia membangun rumah darurat dari daun, dan berburu monyet dengan sumpit. Yang anak panah nya telah diberi racuan ramuan anggur

“Kami sedikit sekarang, populasi suku Nukak yang stagnan tergerus oleh banyak masuknya orang asing yang membangun rumah dan perkampungan, dan mereka tidak peduli bahwa suku Nukak diambang kepunahan", kata laki-laki Nukak Chorebe ini.

suku Nukak
Suku Nukak yang tersisa tinggal 400 orang, setengahnya kini terlantar tanpa sarana untuk kembali ke hutan mereka karena pertempuran masih terus mengamuk. Mereka yang tetap di hutan memiliki risiko besar, tewas dalam baku tembak yang terus meningkat.

Tentara menyemprot perkebunan koka, yang ditanam oleh penjajah di tanah Nukak, dengan herbisida dari udara. Selain itu, ada lagi kelompok utama sayap kiri tentara gerilya, FARC, dan sayap kanan paramiliter tentara, AUC, keduanya memiliki sejumlah besar pasukan di wilayah Nukak. Kedua kelompok berusaha untuk menguasai tanaman koka menguntungkan.

Survival and Colombia's National Indian Organization (ONIC) mendesak semua pihak untuk melakukan gencatan senjata dan menarik diri dari wilayah Nukak, dan mengirim tim medis yang sangat dibutuhkan untuk mengobati orang Indian yang menjadi korban.

Direktur ONIC, Stephen Corry mengatakan hari ini, Jika pemerintah tidak bertindak cepat untuk melindungi Nukak dan tanah mereka, maka suku Nukak Akan musnah dari muka bumi.

sumber:
  • survivalinternational.org/news/1610 
  • kaskus.co.id

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,