Suku Kachin

Suku Kachin, menghuni bukit Kachin. Orang Kachin, juga banyak berada di Katha, Mong Mit dan negara bagian Shan Utara.

suku Kachin
(goldbacked-lynn)
Pada sensus tahun 1901, populasi suku Kachin sebesar 64.405 jiwa.

Suku Kachin berasal dari Yunnan, Cina. Dahulu orang Cina menyebut orang Kachin dengan sebutan Jim-phor, dan wilayah tempat orang Kachin disebut "Ga-Kiang". Ketika suku Kachin melakukan hubungan perdagangan dengan suku-suku lainnya, kata "kachin" muncul sejak saat itu untuk memanggil orang "Jim-phor" sejak saat itu.

Orang Kachin sebelum bermigrasi ke wilayah Burma dan Thailand, dulunya sekitar ribuan tahun sebelum Masehi (BC) orang Kachin adalah orang Toba Tartar dari selatan Gurun Gobi Besar, Mongolia. Dari Mongolia mereka bermigrasi ke Yunnan, China Selatan. Orang Kachin menyebut diri mereka sebagai "Kim-phor" dan setelah sekian lama kembali melanjutkan migrasi ke Burma dan Thailand. Mereka bermigrasi dari Yunnan, Cina bersama dengan suku Lisu dan suku Lahu. Mereka hidup bersama dengan suku yang berimigrasi dari waktu yang sama sekitar beberapa puluh tahun yang lalu. Mereka berimigrasi secara berkelompok pada tahun 1974 di DoiLand, Mae-eye District, provinsi Chiang Mai provinsi dan pindah untuk tinggal di Doi Vawee, kabupaten Maesuay, provinsi Chiangrai, kemudian melanjutkan perjalanan untuk tinggal di Pangmayao, Maimokjam, kabupaten Mae-eye, provinsi Chiang Mai sebelum pindah dan menetap di Baan Nong Keaw. Suku Kachin berkerabat serumpun dengan suku Shan, Lisu, Lahu dan orang Akha karena merupakan rumpun yang sama dan sama-sama penutur bahasa Tibeto-Burman.
perempuan Kachin
(travel-myanmar)

Upacara suku Kachin adalah tarian Ma-Nau, dirayakan untuk menyembah Lamu Madai, Tuhan Roh. Lamu Madai ini dipercaya menjadi pencipta alam semesta. Tarian Ma-Nau adalah perayaan ritual agama dan diadakan secara konvensional dengan berbagai tujuan untuk menyembah Tuhan.
Terdapat tujuh macam perayaan tarian Ma-Nau:
  • Sut ma-nau
  • Padang ma-nau
  • Ju ma-nau
  • Kumreng ma-nau
  • Shadip hpaw ma-nau
  • Daw jau ma-nau
  • Hpaji jan mau ma-nau
kain tradisional Kachin
(expeditioncargo)

Orang Kachin pada awalnya memiliki kepercayaan animisme. Agama Kristen menyebar di antara orang-orang Kachin sejak 1837. Eugenia Kincaid, adalah misionaris pertama yang bertemu orang-orang Kachin di utara Burma, Kachinland pada tahun 1837. Pembaptis misionaris pertama kepada orang-orang Kachin adalah Albert J. Lyon. Kemudian William H.Roberts datang ke Bamo, Kachin land, utara Burma, pada tanggal 12 Januari 1879, dan membuka sekolah dasar untuk orang-orang Kachin.


sumber:- word-dialect.blogspot.com
- sstmyanmar.com
- most.gov.mm
- runachalpradesh.gov.in
- kachinhilltribe.blogspot.com

- goldbacked-lynn.com
- youtube.com

- wikisource.org
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,