Suku Lisu

Suku Lisu, berada di negara bagian Kachin dan Shan, di Burma. Suku Lisu termasuk ke dalam rumpun Tibeto-Burman.

perempuan Lisu
Orang Lisu adalah suku asli setengah nomaden yang awalnya berasal dari Tibet. Sejak ribuan tahun yang lalu mereka telah bermigrasi ke Asia bawah melalui China, Burma, dan Laos. Mereka menetap di pegunungan sepanjang perbatasan negara Burma (Myanmar) dan Thailand. Suku Lisu adalah salah satu dari suku-suku bukit atau suku yang tinggal di pegunungan, hidup, bekerja dan bermain telah menjadi bagian dari kehidupan desa sebagai yang masyarakat Lisu lakukan setiap hari.

Budaya Lisu tidak terdokumentasi dengan akurat, tetapi suatu budaya telah terbentuk berabad-abad yang lalu dan berada dalam masa transisi besar hari ini. Budaya suku Lisu mulai terpengaruh oleh budaya masyarakat dominan di Burma maupun di Thailand.

perempuan Lisu
sedang bermain musik
(chinakindnesstour)
Suku Lisu ini kaya akan budaya dan banyak memiliki pakaian dengan corak warna-warni. Dalam bahasa Lisu, "li" berarti budaya sementara "su" berarti seseorang. Mereka sangat liberal tetapi mereka menempatkan penekanan besar pada warisan. 
Berburu dan bertani adalah cara mereka untuk bertahan hidup.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- asian-oasis.com
- hilltribe.org
- lisuhilltribe.com
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,