Suku Kachin

Suku Kachin, menghuni bukit Kachin. Orang Kachin, juga banyak berada di Katha, Mong Mit dan negara bagian Shan Utara.

suku Kachin
(goldbacked-lynn)
Pada sensus tahun 1901, populasi suku Kachin sebesar 64.405 jiwa.

Suku Kachin berasal dari Yunnan, Cina. Dahulu orang Cina menyebut orang Kachin dengan sebutan Jim-phor, dan wilayah tempat orang Kachin disebut "Ga-Kiang". Ketika suku Kachin melakukan hubungan perdagangan dengan suku-suku lainnya, kata "kachin" muncul sejak saat itu untuk memanggil orang "Jim-phor" sejak saat itu.

Orang Kachin sebelum bermigrasi ke wilayah Burma dan Thailand, dulunya sekitar ribuan tahun sebelum Masehi (BC) orang Kachin adalah orang Toba Tartar dari selatan Gurun Gobi Besar, Mongolia. Dari Mongolia mereka bermigrasi ke Yunnan, China Selatan. Orang Kachin menyebut diri mereka sebagai "Kim-phor" dan setelah sekian lama kembali melanjutkan migrasi ke Burma dan Thailand. Mereka bermigrasi dari Yunnan, Cina bersama dengan suku Lisu dan suku Lahu. Mereka hidup bersama dengan suku yang berimigrasi dari waktu yang sama sekitar beberapa puluh tahun yang lalu. Mereka berimigrasi secara berkelompok pada tahun 1974 di DoiLand, Mae-eye District, provinsi Chiang Mai provinsi dan pindah untuk tinggal di Doi Vawee, kabupaten Maesuay, provinsi Chiangrai, kemudian melanjutkan perjalanan untuk tinggal di Pangmayao, Maimokjam, kabupaten Mae-eye, provinsi Chiang Mai sebelum pindah dan menetap di Baan Nong Keaw. Suku Kachin berkerabat serumpun dengan suku Shan, Lisu, Lahu dan orang Akha karena merupakan rumpun yang sama dan sama-sama penutur bahasa Tibeto-Burman.
perempuan Kachin
(travel-myanmar)

Upacara suku Kachin adalah tarian Ma-Nau, dirayakan untuk menyembah Lamu Madai, Tuhan Roh. Lamu Madai ini dipercaya menjadi pencipta alam semesta. Tarian Ma-Nau adalah perayaan ritual agama dan diadakan secara konvensional dengan berbagai tujuan untuk menyembah Tuhan.
Terdapat tujuh macam perayaan tarian Ma-Nau:
  • Sut ma-nau
  • Padang ma-nau
  • Ju ma-nau
  • Kumreng ma-nau
  • Shadip hpaw ma-nau
  • Daw jau ma-nau
  • Hpaji jan mau ma-nau
kain tradisional Kachin
(expeditioncargo)

Orang Kachin pada awalnya memiliki kepercayaan animisme. Agama Kristen menyebar di antara orang-orang Kachin sejak 1837. Eugenia Kincaid, adalah misionaris pertama yang bertemu orang-orang Kachin di utara Burma, Kachinland pada tahun 1837. Pembaptis misionaris pertama kepada orang-orang Kachin adalah Albert J. Lyon. Kemudian William H.Roberts datang ke Bamo, Kachin land, utara Burma, pada tanggal 12 Januari 1879, dan membuka sekolah dasar untuk orang-orang Kachin.


sumber:- word-dialect.blogspot.com
- sstmyanmar.com
- most.gov.mm
- runachalpradesh.gov.in
- kachinhilltribe.blogspot.com

- goldbacked-lynn.com
- youtube.com

- wikisource.org
- wikipedia
- dan beberapa sumber lain

1 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,