Suku Pubian, Lampung

pakaian adat
Pepadun Pubian
Suku Pubian disebut juga sebagai suku Pubian Telu Suku, adalah salah satu suku yang berada di kabupaten Lampung Tengah dan kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung. Suku Pubian ini kadang disebut juga sebagai suku Abung Pubian, karena wilayah suku Pubian ini berada dalam wilayah adat suku Abung.

Masyarakat suku Pubian ini berada di bawah naungan adat Pepadun, yang mana adat Pepadun adalah salah satu dari dua adat dalam tradisi adat suku Lampung.

Dari cerita rakyat pada masyarakat suku Pubian menceritakan bahwa nenek moyang suku Pubian pada awalnya masuk melalui pinggiran Way Pengubuan dan hulu Way Pubian. Telu Suku dalam identitas nama suku Pubian, maksudnya bahwa kelompok suku Pubian terdiri dari 3 suku kecil (marga).

Suku kecil (marga) pada adat suku Pubian Telu Suku:
  • Tambapupus
  • Menyakhakat
  • Bukujadi
Menurut cerita adat pada suku Pubian, bahwa kemungkinan suku Pubian ini berasal dari keturunan Ratu Balau. Ratu Balau adalah seorang pemimpin dari Keratuan Balau, yaitu salah satu dari 4 Keratuan dari Kerajaan Skala Brak.
Menurut Riwayat, Ratu Balau mempersunting Puteri dari Kerajaan Pagaruyung, oleh karena itu kedua keratuan ini masih mempunyai hubungan kekeluargaan. Keturunan dari Keratuan Balau tersebar di sekitar Teluk Lampung, Balau, Natar dan Tigeneneng.

seorang perempuan
suku Pubian
pelantun seni Dadi
Seni budaya milik suku Pubian yang terkenal adalah kesenian Ringget dan Bubandung, selain itu ada satu lagi seni sastra lisan Dadi. Dalam bahasa Pubian, "dadi" berarti mengandung sindiran dan makna yang mendalam untuk diterjemahkan. Dadi biasanya dilantunkan saat pergantian tahun, panen raya, pertemuan bujang-gadis atau sebelum/sesudah acara gawi. Bahkan untuk mengadakan acara dadi dipersiapkan pertemuan khusus. Dalam membawakan Dadi membutuhkan nafas panjang dan pelantunnya harus menguasai bahasa Lampung asli atau bahasa Lampung tinggi. Oleh karena itu saat ini tak banyak orang Lampung yang benar-benar menguasainya.


sumber:

2 comments:

  1. Terimakasih' blog nya bisa aku baca dari Kota Paris ' saya lagi mencari , asal usul Pubian Telu suku '

    ReplyDelete
  2. trima kasih,kloada tlong silsilah marga beliuk abung siwo migo

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,