Suku Pegagan

suku Pegagan
Suku Pegagan, adalah suatu suku yang bermukim di kelurahan Tanjung Raja Barat kabupaten Ogan Ilir provinsi Sumatra Selatan. Pemukiman suku Pegagan terdapat juga di kecamatan SP Padang, kecamatan Jejawi, kecamatan Kayuagung, kecamatan Pampangan dan kecamatan Pangkalan Lampam yang semuanya juga berada di kabupaten Ogan Komering Ilir.

Suku Pegagan terdiri dari 2 kelompok pada 2 lokasi berbeda:
  • Pegagan Ilir,   di kabupaten Ogan Ilir
  • Pegagan Ulu, di kabupaten Ogan Ulu

Suku Pegagan secara budaya dan bahasa, dikelompokkan ke dalam bagian sub-suku Ogan. Dilihat dari bahasa dan adat-istiadat yang mereka miliki, sangat mirip dengan bahasa dan adat-istiadat suku Ogan. Oleh karena itulah suku Pegagan ini menjadi bagian dari sub-suku Ogan.

suku Pegagan
Mengenai asal-usul suku Pegagan, menurut cerita yang tersimpan dalam ingatan mereka dan dituturkan secara turun temurun dari mulut generasi ke generasi, adalah bahwa nenek moyang mereka dahulunya berasal dari daerah Ogan Ilir, yang pergi mencari tempat pemukiman baru.
Kalau dilihat dari fisik, sepertinya suku Pegagan ini dahulunya kemungkinan besar adalah keturunan langsung dari suku Ogan, yang pada awalnya hidup dalam satu komunitas yang bernama suku Ogan, tetapi populasi mereka yang bertambah banyak, memaksa sebagian kelompok untuk pindah mencari suatu tempat baru yang lebih luas, menyusuri dan melawan arus sungai menuju pedalaman, dan membentuk suatu komunitas baru yang bernama suku Pegagan.

Bahasa yang diucapkan oleh suku Pegagan sangat mirip dengan bahasa Ogan, dan juga mirip dengan bahasa Melayu, oleh karena itu bahasa Pegagan dikelompokkan ke dalam kelompok bahasa Melayu.

Suku Pegagan hampir seluruhnya adalah pemeluk agama Islam. Budaya dan pengaruh Islam sangat besar dalam budaya dan adat-istiadat masyarakat suku Pegagan. 

Kehidupan sehari-hari suku Pegagan, adalah pada bidang bertani dan berkebun, terutama pada tanaman keras seperti pohon Karet. Di saat lain, mereka akan memanfaatkan sungai untuk mendapatkan hasil tangkapan berupa ikan.

sumber:
  • oguiadacidade.com.br
  • pegagan (blog.kayuagungradio.com).jpg
  • gambar-foto: pegagan oguiadacidade.com.br
  • gambar-foto: blog.kayuagungradio.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

5 comments:

  1. menurut saya,suku pegagan bukan bermukim di kelurahan tanjung raja barat,tetapi di keseluruhan kecamatan tanjung raja,kecamatan rantau alai,kecamatan rantau panjang,kecamatan rambutan,sebagian daerah di 3 kecamatan indralaya,sebagian di 3 kecamatan pemulutan,serta di kecamatan rambang kuang dan muara kuang juga terdapat suku pegagan.kesemua kecamatn itu terdapat di kabupaten ogan ilir....kemudian di kabupaten oki suku pegagan terdapat di 3 kecamtan mesuji,sampai ke kabupaten mesuji lampung....suku pegagan atau bahasa pegagan sangat mirip dengan bahasa musi....juga bahasa lembak yang ada di rejang lebong bengkulu...bahasa melayu dialek e jakarta....bukan dialek e seperti malaysia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya E kayak Jakarta aku bapak suku pegagan juga. Tapi lau ibu ogan. Saung naga batu Raja

      Muara penimbung.
      Kamu mana?

      Delete
    2. Muara penimbung termasuk kan?

      Delete
  2. Intinya suku pegagan adalah suku asal ogan ilir
    kalau di OKI itu suku komering....
    salam hangat Ogan Ilir Jaya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapakku muara penimbun igan ilir.

      Ibu batu raja.

      Berarti aku irang sunda yah?

      Delete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,