Suku Somray, Kamboja

Suku Somray, adalah salah satu kelompok masyarakat pribumi Kamboja, yang oleh pemerintah Kamboja dikategorikan sebagai kelompok Khmer Loeu, yang mengacu kepada masyarakat selain Khmer. Populasi masyarakat Somray terakhir diperkirakan berkisar 2.290 orang.

Suku Somray berbicara dalam bahasa Somray yang dikelompokkan ke dalam kelompok pemakai bahasa Pear. Bahasa Pear sendiri merupakan bagian dari keluarga bahasa Mon-Khmer, cabang dari rumpun bahasa Austroasiatic.

Komunitas suku Somray merupakan penduduk asli Kamboja, dan tidak ditemukan di negara lain. Sejak awal kehadiran mereka sejak ribuan tahun yang lalu, mereka tetap di wilayah ini hingga hari ini. Walaupun mungkin pada masa nenek moyang mereka adalah bangsa nomaden, tapi hingga hari ini mereka tetap menjadi bagian Kamboja.

Keyakinan agama ethnic yang berunsurkan animisme tetap diyakini sebagian besar masyarakat suku Somray. Walaupun beberapa telah memeluk agama modern seperti Buddha dan Kristen, tapi tradisi adat yang berasal dari agama ethnic tetap sangat kuat menjadi pegangan mereka.

sumber:


artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,