Suku Khmer Surin, Kamboja

Suku Khmer Surin, (Northern Khmer, Khmer Utara)adalah suatu kelompok suku di Kamboja, yang pada masa dahulu wilayah pemukimannya berada wilayah kekuasaan Kerajaan Khmer sekitar abad 15 (pusat pemerintahan di Angkor di Kamboja), tapi saat ini sebagian wilayah mereka berada di bawah kekuasaan pemerintah Thailand.

Khmer Surin
(happytravelguide)
Orang Khmer Surin kadang disebut sebagai Surin saja. Mereka berbicara dalam bahasa Khmer dengan dialek mereka sendiri, pemukiman utama mereka berada di wilayah Thailand, mereka fasih juga berbicara dalam bahasa Thai Isan. Bahasa Khmer Surin adalah salah satu dialek dari bahasa Khmer, yang merupakan bagian dari keluarga bahasa Mon-Khmer, cabang dari rumpun bahasa Austroasiatic. Bahasa Khmer Surin memiliki perbedaan dialek dengan bahasa Khmer Kandal di Kamboja, dalam jumlah dan variasi fonem vokal, konsonan distribusi, leksikon, tata bahasa, dan, terutama, pengucapan suku kata akhir / r /, sehingga dialek Khmer Surin mudah dikenali oleh penutur dialek lain yang berbeda aksen.

Kelompok Khmer Surin hidup di sepanjang perbatasan Kamboja dan Thailand, terutama di provinsi Surin di Thailand. Walau mereka mereka berada di wilayah Thailand, tapi Budaya mereka tidak terlalu berbeda dengan orang Khmer yang tinggal di bagian utara Siem Reap. Mereka pandai memelihara dan melatih gajah.
Orang Khmer yang menetap di wilayah Kamboja, adalah orang Khmer Surin yang dahulunya melarikan diri ke Kamboja, untuk menghindar dari ancaman dan serangan komunis Vietnam di masa lalu ketika Vietnam pernah menginvasi wilayah mereka. Selain itu etnis Khmer lain seperti Si Sa Ket, Buriram dan Roi Et juga banyak bermigrasi ke wilayah Kamboja. Di Kamboja, mereka semua disebut sebagai Khmer Surin.

Orang Khmer Surin mayoritas adalah penganut Buddhisme dan sekelompok kecil masih meyakini agama ethnic yang mengandung unsur animisme. Beberapa praktek agama ethnic yang masih mempraktekkan perdukunan seperti Neak Ta Me Mut (sihir).

sumber:

artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,