Suku Tarahumara, Indian

suku Tarahumara
Suku Tarahumara, adalah salah satu penduduk asli yang berada di Mexico. Populasi suku Tarahumara pada perhitungan penduduk tahun 2006 adalah sebesar 70.000 orang

Suku Tarahumara menyebut diri mereka sebagai Raramuri, sebagai identitas asli mereka sebelum kehadiran Spanyol dan Portugis. Jadi selain menyebut diri mereka sebagai Raramuri, mereka juga menyebut diri mereka sebagai Tarahumara yang merupakan nama identitas mereka di tempat mereka sekarang. Mereka tinggal di atas ngarai Meksiko Utara. Masyarakat suku Tarahumara memiliki karakter yang pendiam dan tinggal berjauhan satu sama lain. Hampir semua orang Rarámuri bermigrasi dalam beberapa kelompok.

suku Tarahumara
Orang Tarahumara atau Raramuri, sebagian besar masih hidup dengan gaya hidup tradisional, menghuni pemukiman alami seperti gua atau tebing, dan pondok kecil yang terbuat dari kayu atau batu. Makanan utama mereka adalah jagung dan kacang. Kegiatan utama mereka adalah pada bidang peternakan, seperti domba dan kambing.

Orang Tarahumara adalah penduduk asli Meksiko utara, yang terkenal dengan kemampuan menempuh perjalanan jarak jauh. Dalam bahasa mereka, istilah Rarámuri, secara khusus ditujukan untuk sebutan laki-laki, sedangkan perempuan disebut sebagai Muki (individu) atau Igomele (kolektif ).

Awal kedatangan Spanyol pada abad 16, suku Tarahumara yang mendiami negara bagian Chihuahua, Rarámuri terdesak ke Copper Canyon di Sierra Madre Occidental. Daerah Sierra Madre Occidental sebagai tempat mereka tinggal sekarang yang disebut Tarahumara Sierra.

Orang Tarahumara memiliki kemampuan untuk menempuh jarak bermil-mil jauhnya dengan cepat. Istilah Raramuri sendiri sebenarnya memiliki arti "pelari berjalan kaki" atau "orang yang berlari cepat", dalam bahasa Raramuri, menurut beberapa ahli etnografi, meskipun penafsiran ini belum sepenuhnya disepakati.

sedang berlari jauh
Orang Tarahumara sebelum berlari dan melakukan perjalanan jauh, mereka meminum bir jagung dengan jumlah yang besar. Bir jagung adalah bir yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah alkohol. Para Tarahumara juga menggunakan metode kaki strike, yaitu berlari tanpa menggunakan alas kaki. Tradisi lari jarak jauh juga memiliki aspek seremonial dan kompetitif. Seringkali, pelari laki-laki menendang bola kayu saat mereka berjalan di kompetisi, dan perempuan menggunakan tongkat. Berlari yang mereka lakukan, bisa berlangsung berhari-hari tanpa istirahat. Beberapa hipotesa mengatakan bahwa Tarahumara purba, dahulunya adalah "pelari yang handal". Mereka berlari sangat cepat untuk menghindari dari ancaman binatang buas ataupun dari musuh. Orang Tarahumara perlu melakukan perjalanan jarak jauh tersebut untuk membagikan pesan dari desa ke desa. Hal ini merupakan tradisi mereka di Tembaga Canyon Meksiko.

Satu hal yang menjadi objek penelitian, adalah bagaimana orang Tarahumara mampu melakukan perjalanan jauh bermil-mil dengan berlari. Hal ini dapat dilihat dari video di bawah ini.



sumber:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,