Suku Rai, Sulawesi

Suku Rai, disebut juga sebagai suku Kaili Rai, yang terdapat di provinsi Sulawesi Tengah.

Suku Rai adalah salah satu dari sub suku Kaili, yang mendiami lembah Palu yang berada di desa-desa di sepanjang Mamboro Tawaeli, Tompe dan Taripa.

Suku Rai berbicara menggunakan bahasa Rai. Bahasa Rai sendiri merupakan sub-dialek bahasa Kaili, yang menjadi bahasa terbesar kedua penuturnya di kalangan masyarakat suku Kaili. Bahasa Rai ini digunakan oleh masyarakat suku Rai dari daerah Tawaeli sampai ke Tompe.

kesenian Dadendate
Salah satu kesenian suku Rai adalah kesenian Dadendate. Kesenian Dadendate merupakan kesenian tradisional asli masyarakat suku Rai di desa Taripa. Kesenian Dadendate, berawal dari Kimba a yang masih berupa doa-doa/syair-syair ritual orang tua dulu, di mana berbentuk uraian dan masih bersifat individual. Kemudian dalam kurun waktu yang cukup jauh berubah lagi menjadi Dulua. Dibanding Kimba a, Dulua sudah berbentuk lagu/nyanyian seperti Nopalongga (nyanyian menidurkan anak yang dilagukan ibunya dimana terkandung doa dan keselamatan yang ditujukan kepada wajah sang anak yang sedang berlayar mencari ikan). Kimba a dan Dulua belum menggunakan alat kecapi, masih berbentuk musik vokal semata.dari Dulua, bentuk kesenian ini berubah lagi menjadi bola-bola.

Suku Rai pada umumnya bertahan hidup pada bidang pertanian. Tanaman padi menjadi tanaman utama mereka yang ditanam di sawah atau di ladang. Selain itu mereka juga menanam ubi, jagung dan kelapa. Beberapa keluarga memelihara hewan ternak di halaman rumah mereka. Kegiatan lain adalah berburu da nmengumpulkan hasil hutan seperti rotan dan damar.

sumber:
sumber lain dan foto:
  • inopadehina.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,