Suku Kantewu, Sulawesi

desa Kantewu
Suku Kantewu (To Kantewu), merupakan salah satu suku asli dari sekian banyak etnis di Sulawesi Tengah. Populasi suku Kantewu saat ini diperkirakan terdapat 50 KK.

Para peneliti memasukkan suku Kantewu sebagai bagian dari etnis Kulawi, karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu bahasa Uma. Bahasa Uma sendiri digunakan oleh beberapa etnis seperti Kulawi, Kantewu, Kalamanta, Winatu, Peana dan Siwongi. Sedangkan Walter Kaudern, mengelompokkan suku Kantewu ke dalam kelompok Koro Toraja.

Masyarakat suku Kantewu pada umumnya adalah pemeluk agama Kristen. Mereka adalah penganut Kristen yang taat. Wilayah Kantewu sendiri diketahui sebagai salah satu daerah yang pertama kali dimasuki oleh misionaris Kristen, dan suku Kantewu sebagai salah satu suku yang pertama menjadi penganut Kristen sejak penempatan Leonard Woodward, seorang penyebar agama Kristen

Suku Kantewu memiliki senjata tradisional seperti sumpit, yang digunakan sebagai senjata untuk berburu binatang liar. Konon dahulunya senjata sumpit ini digunakan untuk mempertahankan wilayah mereka dari serangan musuh. Ujung anak sumpit diolesi dengan racun yang kuat, sehingga bisa melumpuhkan musuh ataupun binatang dalam waktu singkat.

sumber:
sumber lain dan foto:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,