Suku Asilulu, Maluku

suku Asilulu
Suku Asilulu, adalah suku yang mendiami pulau Ambon, di desa Asilulu dan Ureng di daerah Leihitu kabupaten Maluku Tengah provinsi Maluku Indonesia. Populasi suku Asilulu ini diperkirakan lebih dari 12.000 orang.

Orang Asilulu berbicara dalam bahasa Asilulu. Bahasa ini merupakan bahasa asli pulau Ambon yang diucapkan oleh orang-orang yang mendiami daerah pesisir barat. Bahasa Asilulu dahulunya merupakan bahasa pengantar untuk orang-orang yang berdagang di wilayah ini.

Dari cerita yang beredar di kalangan orang Asilulu, bahwa dahulunya mereka berasal dari pulau Seram dan merupakan keturunan dari orang Alifuru yang bermigrasi ke wilayah ini.

Orang Asilulu mayoritas adalah pemeluk agama Islam. Agama Islam sendiri sudah berkembang di masyarakat Asilulu sejak beberapa abad yang lalu. Beberapa praktek tradisi adat mereka banyak berasimilasi dengan ajaran Islam, seperti acara pernikahan, sunatan, upacara-upacara kerajaan dan pembangunan mesjid.

Orang Asilulu pada umumnya hidup bermatapencaharian sebagai nelayan penangkap ikan. Menangkap ikan adalah pekerjaan para laki-laki. Sedangkan perempuan tinggal di rumah mengurus keluarga dan rumah. 

sumber:
sumber lain dan foto:
  • javatourismblog.blogspot.com

2 comments:

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,