Suku Ulumanda, Sulawesi

suku Ulumanda
pic: indonesiamengajar
Suku Ulumanda, adalah suatu kelompok masyarakat yang terdapat di kabupaten Poso provinsi Sulawesi Tengah. Populasi suku Ulumanda ini diperkirakan mencapai sebesar 31.000 orang.

Suku Ulumanda dikelompokkan ke dalam bagian sub-suku Bungku, dikarenakan banyak terdapat kesamaan sejarah masa lalu, budaya dan bahasa. Hal ini juga dibenarkan oleh orang Ulumanda, bahwa mereka dengan suku Bungku sebenarnya sama, hanya perbedaan lokasi saja lah yang membuat mereka dianggap berbeda.

Selain dengan suku Bungku, suku Ulumanda juga terkait kekerabatan dengan suku Bugis, dilihat dari segi tradisi adat-istiadat dan budaya mereka.

Mayoritas masyarakat suku Ulumanda adalah penganut agama Islam. Mereka adalah muslim yang taat, terlihat dari sikap dalam kehidupan sehari-hari serta beberapa tradisi adat mereka banyak mengandung unsur Islami.

Suku Ulumanda dalam kehidupan sehari-hari hidup pada bidang pertanian, terutama pada tanaman padi dan tanaman sayur-sayuran serta buah-buahan. Selain itu mereka juga memanfaatkan hasil hutan dan hasil bumi, seperti bahan baku mineral, pasir, karomit, rotan dan kayu hitam dan lain-lain. Sementara penduduk Ulumanda yang mendiami daerah pesisir memilih profesi sebagai nelayan, dan kehidupan sebagai nelayan menjadi pilihan utama dalam hidup mereka.

sumber:
  • bangsabugis.blogspot.com
  • indonesiamengajar.org
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,