Suku Tarao (Naga), India

suku Tarao
Suku Tarao, adalah salah satu suku dari Kelompok Naga, yang terdapat di kabupaten Chandel di Manipur India. Suku Tarao ini memiliki populasi yang kecil, dibanding semua suku-suku Kelompok Naga. Populasi suku Tarao ini diperkirakan hanya beberapa ribu orang saja.

Suku Tarao berbicara dalam bahasa Taraotrong, tapi mereka juga bisa dengan fasih berbicara Meiteilon (bahasa Meitei) dengan suku di luar komunitas mereka. Bahasa Tarao Naga (Taraotrong) adalah milik keluarga rumpun bahasa Indo-Tibeto.

Masyarakat suku Tarao banyak tersebar di negara bagian Manipur India. Pemukiman suku Tarao berada di 4 desa.

Pada masa dahulu, suku Tarao ini juga sebagai penganut aliran animisme, tapi sejak masuknya agama Kristen di kalangan suku Tarao, maka segala bentuk aliran animisme itupun ditinggalkan oleh masyarakat suku Tarao. Saat ini secara mayoritas masyarakat suku Tarao telah beralih memeluk agama Kristen.

Kehidupan sehari-hari suku Tarao adalah berprofesi sebagai petani, terutama pada tanaman buah-buahan seperti pisang, nanas, lemon dan pepaya. Tanah pemukiman suku Tarao ini adalah tanah yang paling kering di negara bagian Manipur.

sumber:
  • e-pao.net: foto
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,