Suku Zeme (Naga), India

suku Zeme
Suku Zeme, adalah salah satu suku dari Kelompok Naga, yang terdapat di Assam, Manipur dan Nagaland, di Timur Laut India.

Suku Zeme ini termasuk juga dalam satu kelompok orang Zeliangrong. Suku Zeme bermukim di Dima Hasao di Assam, sub-divisi kabupaten Tamenglong dan kabupaten Senapati di Manipur dan juga di kabupaten Peren di Nagaland.

Mereka mengaku sebagai "Paupaise", menurut adat mereka yang berdasarkan agama Kristen dan kepercayaan Heraka. Mereka dianggap masih memiliki hubungan kerabat dengan suku serumpun lainnya, seperti suku Liangmai, suku Rongmei dan suku Npuimei dari Manipur, Assam dan Nagaland.

penari suku Zeme
Di daerah Manipur, suku Zemes dan suku Liangmai, diakui sebagai Kelompok Kacha Naga. Kata "Kacha" menurut mereka adalh adalah salah eja, karena menurut mereka kata yang sebenarnya adalah "Ketsa" yang awalnya merupakan kata dari bahasa suku Angami Naga, untuk menyebut hutan lebat. Oleh pemerintah negara bagian Nagaland, bahwa suku Zeme dan suku Liangmai diakui sebagai suku Zeliang.

sumber:
  • article.wn.com: foto
  • rahconteur.wordpress.com: foto
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,