Suku Enrekang (Massenrempulu), Sulawesi

Suku Enrekang, adalah suatu suku bangsa yang berdomisili di kabupaten Enrekang provinsi Sulawesi Selatan.

salah satu kesenian suku Enrekang
"suling bambu"
Wilayah suku Enrekang ini sejak dahulu disebut Massenrempulu, yang memiliki sejarah tersendiri, yaitu pada awalnya 3 kelompok suku yang membentuk satu kesatuan adat yang disebut Massenrempulu. Seiring perkembangan zaman, kelompok 3 suku yang terdiri dari suku Enrekang, suku Duri dan suku Maroangin (Maroangin), sering disebut sebagai suku Massenrempulu.

Dalam bahasa Enrekang istilah "Massenrempulu" berarti "melekat seperti beras ketan". Kata yang digunakan untuk menunjukkan kesatuan dari ke-3 suku tersebut.

Masyarakat suku Enrekang hidup secara sederhana. Pada umumnya mereka hidup dari bertani, berdagang, dan pegawai. Selain itu banyak dari mereka yang merantau ke daerah lain, seperti kota Makassar, bahkan sampai ke kota-kota di luar pulau Sulawesi.

Struktur tulang Untuk orang-orang Enrekang lebih cenderung memiliki kemiripan dengan orang-orang Tanah Toraja. Dari segi bahasa, bahasa orang-orang enrekang lebih mirip dengan orang-orang Tanah Toraja.

Suku Enrekang secara garis besar terbagi dalam 3 karakter yang berbeda pada bahasa dan karakter.
Suku Enrekang utara, yang mendiami wilayah utara dan pegunungan, yang bersebelahan dengan wilayah suku Toraja, terlihat dari struktur fisik dan tulang lebih mendekati dengan orang-orang dari Tanah Toraja. Juga dari segi bahasa lebih mirip dengan bahasa Toraja.
Orang Enrekang yang di bagian Utara mengalami akultirasi budaya dengan budaya Toraja, sehingga karakter orang Enrekang Utara lebih berkerabat dengan orang Toraja.

Suku Enrekang selatan, yang mendiami wilayah selatan, lebih banyak berakulturasi dengan Sidrap dan Pinrang yang mayoritas orang Bugis, sehingga bahasa dan budayanya cenderung mendekati budaya dan bahasa Bugis.

Selain itu, suku Enrekang tengah, yang mendiami wilayah tengah, tidak terpengaruh budaya lain, sehingga orang Enrekang tengah, tetap menggunakan bahasa asli Enrekang, yakni bahasa Patinjo. Bahasa Enrekang tengah, lebih dikenal dengan bahasa Konjo. Suku Enrekang tengah ini lebih akrab dengan sebutan "orang Pattinjo". Sedangkan orang Bugis menyebut mereka sebagai "suku Bugis Pattinjo".

Masyarakat suku Enrekang, sebagian besar hidup pada bidang pertanian, tetapi saat ini banyak dari mereka yang beralih ke bidang profesi lain, seperti menjadi pedagang, atau berbagai bidang profesi lain.

sumber bacaan:
sumber lain dan foto:
  • telukpalu.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,