Suku Zomi, India


suku Zomi
Suku Zomi (atau Zo), adalah suatu kelompok masyarakat yang terdapat di India timur laut. Selain itu suku Zomi ini juga terdapat di Myanmar baratlaut dan Bangladesh. Nama "Zo" berasal dari leluhur suku tersebut. Populasi suku Zomi diperkirakan sekitar 2,5 juta orang.

Di India timur laut, suku Zo tinggal di daerah Mizoram, Manipur, distrik Kohima di Nagaland, Cachar, Cachar Utara dan distrik Karbi Anglong di Assam, di sebagian Khasi dan daerah Jaintia di Meghalaya, serta di Tripura. Di Myanmar, mereka terbanyak tinggal di bukit Chin, Khamti dan Somra, dan di lembah Kale-Kabaw-Myittha, selain juga di Bukit Arakan.

Suku Zomi ini termasuk ras Mongoloid. Di Myanmar, Bangladesh dan India, suku ini dikenal sebagai suku Chin, Kuki atau Lushai.

Awal nama Zo mengacu pada Zomi (Kuki-Chin-Lushai), pertama di sisi perbukitan Lushai di Mizoram. Kolonel TH Lewin, orang kulit putih pertama yang mengetahui penduduk bukit Lushai, sekitar tahun 1871-1872 itu, nama generik dari penduduk di tempat itu dikenal sebagai "Dzo". Nama itu sering berubah menjadi Jo. Fakta bahwa Zomi dikenal sebagai Zou atau Yo atau Yaw, sebelum masyarakat mereka berkembang menjadi organisasi yang berbasis klan dan segmentasi keturunan.
Sedangkan nama (Kuki dan Chin) tidak digunakan oleh suku-suku itu sendiri, tetapi menggunakan nama suku seperti Cho atau Yo atau Zo.
Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Zomi menggunakan istilah Zo, Zou, Zhou, Chou, Shou, Yo, Jo, Yaw dan Shu, dalam setiap pidato atau bahasa puisi.

sepasang Zomi
Para sarjana menyimpulkan bahwa suku Zo adalah nenek moyang suku Zomi. Di beberapa tempat orang Zomi diakui sebagai "Mizo" di negara Mizoram India. Di Myanmar sebagai "Chin", dan di Manipur, Nagaland, Assam, Meghalaya, Tripura dan Sagiang diakui sebagai "Kuki", dan juga di Sagiang Myanmar juga diakui sebagai "Kuki".

Orang Zomi berbeda dari suku Arya di India dan orang Burma. Semua kelompok suku Zomi dan sub-suku nya mirip satu sama lain, dan sangat erat dalam penampilan dan karakteristik mereka. Mereka adalah termasuk dalam ras mongoloid. Warna kulit mereka bervariasi antara kuning gelap-coklat, tembaga zaitun gelap dan kuning zaitun. Wajah biasanya bulat atau persegi, rambut biasanya lurus dan hitam. Tinggi rata-rata orang Zomi adalah sekitar 5 kaki dan 6 inci.

Suku Zomi memiliki perasaan kesukuan yang sangat besar, pengetahuan tentang silsilah, ketidaksabaran di bawah kendali dan ramah.

Aturan pernikahan pada suku Zomi membebaskan laki-laki menikahi perempuan manapun dari dalam maupun dari luar klannya.

Laki-laki dan perempuan suku Zomi pada umumnya, memelihara rambut panjang dengan gaya khas suku Zomi.

referensi:
  • zolengthe.net
  • samuellalrozama.blogspot.com
  • wikipedia
  • zoattire.blogspot.com: foto
  • zomi.dk: foto
  • dan sumber lain

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,