Suku Maram (Naga), India

suku Maram
Suku Maram, adalah salah satu suku dari Kelompok Naga, yang terdapat di timur laut India, terutama di kabupaten Senapati. Suku Maram terutama terbanyak berada di kabupaten Senapati di Manipur.

Kabupaten Senapati dan wilayah Tadubi Kangpokpi di Manipur adalah rumah bagi banyak suku. Para anthropolog mempelajari sifat dan fitur masyarakat Maram. Suku Maram memiliki fitur Mongoloid dan Caucasoid. Seperti suku-suku lain di Manipur, sejarah suku Maram juga dikaitkan dengan banyak legenda dan mitologi.

rumah tradisional suku Maram
Desa pemukiman suku Maram ini dibagi menjadi banyak 'Sadung' atau 'Khel'. Setiap 'Khel' memiliki pintu masuk yang terpisah. Terdapat asrama yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan. Bahasa dan dialek suku Maram dikenal sebagai bahasa Maram Khullel.

Dalam berpakaian, laki-laki suku suku Maram mengenakan rok katun hitam dihiasi dengan cowrie putih. Sedangkan perempuan memakai kain pinggang yang menyerupai gaun laki-laki. Jubah putih atau selendang yang digunakan oleh para perempuan untuk menutupi tubuh mereka.

Ponghi, festival tujuh-hari Maram Nagas, dirayakan pada hari ke-20 dari Ponghi-Kii (Juli), saat padi transplantasi selesai.

pemimpin suku Maram
Suku Maram memiliki sejumlah festival untuk perayaan, yaitu Ponghi (pada bulan Juli), Kanghi dan Rakakkou. Dalam setiap festival, selalu diadakan acara menyanyi bagi laki-laki dan perempuan. Suku ini juga merayakan ritual memberi-nama, bagi sang bayi setelah kelahiran pada hari ke 5 - 7. Kemudian, ayah dari bayi menjemput kepiting dalam waktu 10 hari. Kepala keluarga memberikan berkat mereka. Kemudian diikuti beberapa ritual pemurnian dan bayi diterima menjadi keluarga.

Masyarakat suku Maram, terutama laki-laki biasanya terlibat dalam pertanian. Mereka mengurus sebagian besar pekerjaan rumah tangga termasuk mengambil dan mengumpulkan air dan kayu bakar. Sedangkan para perempuan hanya bertanggungjawab untuk memasak dan menjaga anak. Sesekali perempuan turun tangan dalam menggali lahan pertanian sehingga para laki-laki dapat menabur dan panen.

sumber:
  • tribes-of-india.blogspot.com: maram tribe manipur
  • wikipedia
  • indianetzone.com: foto
  • arizonahandbook.com: foto
  • infomaram.wordpress.com: foto
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,