Suku Dayak Bemali (Bah Mali)

Suku Bemali atau suku Dayak Bemali, hidup di tengah-tengah kelompok suku Dayak Seping, di sekitar sungai Belaga dan sungai Tinjar, di Sarawak Malaysia.

Suku Dayak Bemali ini termasuk ke dalam rumpun Kajang. Orang Dayak Bemali di wilayah ini berhubungan erat berkerabat dengan orang Dayak Seping, karena diantara mereka banyak terjadi kawin-campur antara suku Dayak Bemali dan suku Dayak Seping, atau antara suku Bemali-suku Seping-suku Kejaman.

Suku Dayak Bemali, dulunya tinggal sebagai komunitas terpisah, namun karena penurunan jumlah penduduk yang sangat cepat dalam populasi mereka, akhirnya mereka memilih untuk hidup bergabung dengan suku Dayak Seping sejak tahun 1956.

Pada pemukiman Rumah Panjang Tunggal pada Koyan Panjang. Jumlah mereka sangat kecil, dan karena mereka adalah suatu kelompok masyarakat adat dari keturunan kawin-campur yang melibatkan mitra suku Dayak Seping, belum dapat dikatakan mereka sebagai bagian dari suku Seping.

diiolah dari beberapa sumber

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,