Suku Moken

Suku Moken, adalah satu etnis yang berada di sepanjang garis pantai Myanmar, Laut Andaman. Suku ini disebut juga sebagai Gipsy Laut.

Darimanakah orang Moken berasal ? apakah mereka terkait dengan suku Sakai (Maniq), Patthalung, Trang, atau Satun ?
orang Moken
(www.andaman.cusri.chula.ac.th)
Menelusuri kembali sejarah tentang navigator kuno dan pelaut di Asia Tenggara dan tentang keluarga bahasa, mungkin dianggap bahwa Moken (penutur rumpun bahasa Austronesia) adalah Proto-Malayo, gelombang awal orang yang bermigrasi ke Semenanjung Melayu. Belakangan ini orang turun ke kehidupan nomaden laut dan melakukan perjalanan bersama pulau-pulau dan daerah pesisir, dari Kepulauan Mergui di masa kini Myanmar ke selatan dan timur di Laut Sulu di Filipina. Saat ini gaya hidup nomaden mereka telah mulai berubah dan telah menahan diri menetap di suatu tempat, mereka telah tersebar sehingga membentuk beberapa sub-kelompok.
Ribuan orang Moken tinggal di pulau-pulau di kepulauan Mergui di Myanmar. Mereka disebut sebagai Selung atau Selon. Agaknya, kata tersebut berasal dari "Chalang" atau "Thalang" (berasal dari Selon Sampah) nama lama dari Phuket yang merupakan daerah yang sering dikunjungi oleh beberapa kelompok orang nomaden laut di hari sebelumnya.

Suku Moken dan suku Sakai (Maniq) tidak berhubungan. Mereka berbeda dalam hal fitur fisik. Suku Sakai adalah negritos sedangkan Moken adalah Proto-Malayo.
Bahasa Moken dan bahasa Sakai juga berbeda. Orang Sakai adalah penutur rumpun bahasa Austroasiatic (Mon-Khmer) sedangkan Moken adalah penutur Austronesia bahasa (Malayo-Polynesia). Sedangkan dengan penduduk asli kepulauan Nicobar-Andaman, suku Moken juga berbeda.

patung adat Moken
(xoomer.virgilio.it)
Suku Moken, berada dalam kelompok Rumpun Moklen, bagian dari bahasa Austroasiatic. Dalam kelompok Rumpun Moklen, terdiri dari tiga suku, yaitu: Moken di Thailand, Moklen (Olang Tamub) di Birma dan Urak Lawoi di Thailand. Bahasa Moken dan bahasa Moklen sangat dekat satu sama lain, sementara bahasa Urak Lawoi tidak saling dimengerti dengan bahasa Moken dan Moklen. Orang Moken dan Urak Lawoi telah beradaptasi dan berakulturasi menjadi "Thai Mai" (New Thailand).

"We, the Sea People"
Kabang di kepulauan Surin
 (www.andaman.cusri.chula.ac.th)
Suku Moken pada dasarnya adalah penganut animisme. Mereka percaya di alam roh, dan roh-roh leluhur mereka diwujudkan dalam "lobong" kutub. Ritual utama mereka adalah "ne-en lobong" tahunan atau perayaan kutub semangat diadakan pada hari-hari bulan purnama bulan lunar kelima. Moken akan menjauhkan diri dari bekerja selama 3 hari dan 3 malam. Mereka akan pesta, tari, menyanyi, minum, dan pergi ke trans. Para dukun akan memprediksi nasib masyarakat di tahun mendatang.

Suku Moken, memiliki gaya hidup sebagai nelayan, dan mereka juga menyatakan bahwa mereka “We, the Sea People”.


sumber:
- word-dialect.blogspot.com
- language.psy.auckland.ac.nz
- andaman.cusri.chula.ac.th
- joshuaproject.net
- dan beberapa sumber lain

2 comments:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






    RITUAL DUNIA GHAIB

    RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

    BUAYER MUSTIKA

    PAKAR MUSTIKA

    ReplyDelete
  2. Mokken dan Moklen itu Suku Bajau. Bahasa mereka bisa dimengerti oleh orang-orang suku Bajau di Philippine, Malaysia dan Indonesia. :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,