Suku Dayak Maanyan

Suku Dayak Maanyan, adalah salah satu suku yang mendiami Pulau Kalimantan. Pemukimannya sekarang meliputi sebagian wilayah utara Propinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah daerah timur Propinsi Kalimantan Tengah yakni didaerah Barito Timur dan Barito Selatan serta daerah Waruken dan sekitarnya yang termasuk Daerah Tingkat II, Kabupaten Tabalong Propinsi Kalimantan Selatan.

gadis-gadis Maanyan di masa lalu
Menurut cerita, pemukiman pertama suku ini adalah di tepi sungai Martapura (Klimbenteng) Kayu Tangi, Marampiau, Tane Karang Anyan serta di sepanjang sungai Tabalong (Benua Lawah) atau Benua Lawas menurut lafal Melayu, masuk sungai Balangan. Serta menyusuri sungai Barito yakni sungai-sungai Sirau, di sekitar Patai dan aliran sungai lainnya. Tempat ini dikenal oleh suku Maanyan dengan nama Nansarunai.

Dialek Bahasa Maanyan, terdiri dari:

Wilayah Benua Lima meliputi :
- Jangkung,
- Hadiwalang,
- Uwei,
- Pulau Padang,
- Kayunringan

Wilayah Paju Epat meliputi :
- Telang,
- Siong,
- Balawa,
- Murutowo

Wilayah Paju Sepuluh meliputi :
- Murungkliwen,
- Pimpingen,
- Munsit,
- Harara,
- Patai,
- Lasi Muda,
- Sarabon,
- Pagar,
- Tangkan,
- Bangi Sampa Tulen.

Menurut beberapa situs ternyata bahasa Maanyan memiliki banyak kesamaan dengan bahasa yang dipergunakan di pulau Madagaskar. Belum ada data yang akurat mengapa bahasa Maanyan juga digunakan di Madagaskar. Kemungkinan pada masa-masa ratusan tahun atau ribuan tahun yang lalu telah terjadi migrasi ke wilayah Madagaskar, atau sebaliknya dari Madagaskar ke Kalimantan.


diolah dari berbagai sumber


baca juga:
- Dayak
- Dayak Meratus
- Dayak Bahau

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,