Suku Trobiawan, Formosa, Taiwan

Suku Trobiawan, adalah salah satu suku asli Formosa yang berdiam di Yilan, Formosa, Taiwan. Wilayah pemukiman orang Trobiawan merupakan wilayah yang kecil dan berada di wilayah pemukiman orang Kavalan.

nama lain: Torobiawan
bahasa: Trobiawan
kelompok bahasa: Austronesia

Oleh pemerintah China dan Taiwan, suku Trobiawan belum diakui sebagai suku asli Formosa. Padahal menurut penelitian orang Trobiawan telah hadir di wilayah ini sejak 400 tahun Sebelum Masehi (BC).

Orang Trobiawan berbicara dalam bahasa Trobiawan. Bahasa Trobiawan sebelumnya dianggap sebagai dialek dari bahasa Basay. Sedangkan bahasa Basay sendiri sempat dikelompokkan ke dalam bagian dari dialek bahasa Ketagalan. Tapi para ahli bahasa memisahkan suku Ketagalan, menjadi 3 suku sendiri-sendiri, karena terdapat perbedaan dalam bahasa yaitu suku Ketagalan, Basay dan Kulun.

lokasi pemukiman orang Trobiawan
(ascc.sinica.edu.tw)
Penelitian lain, para anthropolog, mengelompokkan orang Trobiawan ke dalam kelompok Basaic, yang terdiri dari suku Basay, Luilang, Nankan, dan Puting. Menurut para anthropolog, awal kelompok Basaic mendarat di pantai timur laut Taiwan sekitar 2.000 tahun Sebelum Masehi (BC), mereka tersebar ke barat sepanjang pantai utara dan kemudian ke selatan untuk mencapai muara sungai Tamshui. Kemudian mereka tersebar ke Nankan dan Puting (sekitar 1.000 tahun SM (BC)), di tempat ini lah terbentuk kelompok masyarakat Nankan dan Puting. Sekelompok orang Basaic lainnya yang melalui sungai Tamshui kemudian mencapai daerah Banchiao untuk mendirikan desa Luilang dan terbentuk kelompok masyarakat Luilang. Kemudian (sekitar 400 SM), sekelompok orang Basaic dari pantai timur laut pergi ke selatan ke I-Lan untuk mendirikan desa Trobiawan dan desa Linaw, di tempat ini lah terbentuknya kelompok masyarakat Trobiawan dan Linaw.
Jadi orang Trobiawan dengan orang Basay, Luilang, Nankan dan Puting merupakan kerabat sejak awal keberadaan mereka di wilayah ini.


sumber:
artikel lain:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,