Suku Rade, Kamboja

suku Rade
Photo source: Jessica Pozo
(
joshuaproject)
Suku Rade atau Rhade, adalah suatu kelompok masyarakat yang hidup di dataran tinggi Kamboja. Suku Rade, merupakan penduduk minoritas yang tergabung dalam kelompok Khmer Loeu di Kamboja. Kelompok Khmer Loeu adalah sebutan oleh pemerintah Kamboja, yang mengacu kepada kelompok masyarakat non Khmer. Populasi suku Rade di Kamboja diperkirakan sebesar 2.800 orang.

Bahasa Rade adalah suatu bahasa yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Austronesia. Bahasa Rade berbeda dengan bahasa suku-suku lain di Kamboja yang rata-rata cabang bahasa Mon-Khmer, sedangkan bahasa Rade terkait hubungan bahasa dengan bahasa-bahasa di kepulauan Asia Tenggara, seperti bahasa Malaysia, Formosa, Indonesia dan daerah kepulauan Polynesia. Suku Rade di Kamboja memiliki kerabat di Vietnam yang dikenal dengan nama suku E de. Suku Rade juga memiliki sebutan lain tergantung di mana mereka berada, yaitu sebagai Raday, Rade, E de dan Montagnards.

Masyarakat suku Rade pada dasarnya masih menganut agama ethnic yang mengandung unsur animisme. Agama ethnic suku Rade berakar dalam identitas etnis bangsa dan konversi pada dasarnya setara dengan asimilasi budaya. Akhir-akhir ini sebagian dari masyarakat Rade mulai mengenal agama Kristen, tapi mereka belum memiliki gereja aktif dalam kalangan mereka.

referensi:

artikel terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,