Suku To Aere, Sulawesi

Suku To Aere (Toaere), adalah salah satu suku tertua yang tedapat di daratan Sulawesi Tenggara.

Suku To Aere merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menjadi penghuni pertama yang mendiami daerah aliran sungai Konaweha. Di tempat ini juga terdapat suku lain, yaitu suku To Laiwoi yang bersama-sama hidup di tepi sungai Konaweha, tetapi suku To Laiwoi ini menempati bagian hulu sungai, sedangkan suku To Aere menempati bagian tengah hingga ke hilir sungai Konaweha. Suku To Aere hidup dalam kelompok kecil yang mendiami daerah aliran sungai Konaweha.

Istilah "To Aere" berarti "orang yang hidup di air". Mereka adalah penduduk pertama yang menghuni daerah daerah Kolaka dan Kendari, termasuk daerah Ladongi, dan Lambandia.

Keberadaan suku To Aere saat ini diperkirakan tidak ada lagi, atau berbaur dengan suku-suku lain, atau juga telah terpecah dan tersebar menjadi beberapa suku-suku kecil yang mendiami beberapa daerah di kabupaten Konawe dan kabupaten Kolaka.

sumber:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,