Suku Maiwa, Sulawesi

suku Maiwa
pic: gmenrekang
Suku Maiwa, adalah suatu suku yang hidup di kecamatan Maiwa dan kecamatan Bungin di kabupaten Enrekang dan kabupaten Sidenrang provinsi Sulawesi Selatan. Populasi suku Maiwa ini diperkirakan sebesar 320.000 orang.

Suku Maiwa termasuk salah satu dari sub-suku Bugis. Mereka hidup memiliki rasa sosial yang tinggi, ini ditunjukkan dalam pola hidup gotong royong dalam setiap kegiatan maupun dalm kehidupan sehari-hari suku Maiwa ini.

anak-anak suku Maiwa
pic: students ittelkom
Suku Maiwa secara mayoritas adalah penganut agama Islam, hanya sebagian kecil saja yang menganut agama Kristen. Kehidupan Islami sangat kental dalam kehidupan sehari-hari masyarakat suku Maiwa ini. terlihat dalam beberapa tradisi adat dan budaya suku Maiwa ini banyak mengandung unsur Islami. Agama Islam masuk ke dalam kehidupan masyarakat suku Maiwa ini, sudah sejak abad ke-17. Tapi walaupun mereka telah memeluk agama Islam, beberapa tradisi animisme masih dijalankan oleh beberapa masyarakat suku Maiwa ini, beberapa praktek perdukunan masih dijalankan oleh masyarakat ini, serta mempercayai tempat-tempat keramat yang dianggap dapat memberikan efek bencana bagi yang tidak menghormatinya.

Dalam kehidupan sehari-hari suku Maiwa dalam bertahan hidup adalah sebagai petani. Mereka menanam beberapa tanaman keras seperti kelapa, kopi dan cengkeh yang menjadi sumber penghidupan masyarakat suku Maiwa. Sementara beberapa yang lain memilih profesi sebagai pedagang dan profesi lainnya.

sumber:
  • sabda.org
  • wikipedia
  • dan sumber lain
sumber foto:
  • gmenrekang.blogspot.com
  • students.ittelkom.ac.id

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,