Suku Meninting, Lampung

suku Meninting
Suku Meninting, adalah salah satu masyarakat adat yang berada di provinsi Lampung. Suku Meningting berdiam di Rajabasa dan sekitarnya.

Suku Meninting berada di bawah adat Saibatin. Saibatin adalah satu dari 2 adat yang terdapat di provinsi Lampung. Suku Meninting masih terkait kerabat dengan suku Melinting, yang menurut mereka dahulunya nenek moyang suku Meninting masih satu keturunan dengan suku Melinting. Wilayah Kekhatuan Pugung di Labuhan Mekhinggai yang terbagi dua oleh Khatu Darah Putih, yang masuk wilayah Khatu Darah Putih disebut Meninting.

Masyarakat suku Meninting agak susah dibedakan dengan masyarakat suku Melinting, karena kesamaan adat-istiadat serta budaya, selain itu memang terdapat keterkaitan sejarah asal-usul serta kekerabatan antara kedua suku bangsa ini.

Mayoritas masyarakat suku Meninting adalah berprofesi sebagai petani, pada tanaman padi, sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman keras seperti kopi. Saat ini banyak masyarakat suku Meninting yang telah bekerja di sektor pemerintahan, dan juga sebagai guru, pedagang dan lain-lain.

sumber:
  • seruit.com
  • old.lampungprov.go.id
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,