Suku Bangka

pakaian adat
suku Bangka
Suku Bangka atau suku Melayu Bangka, adalah suatu komunitas masyarakat Melayu yang mendiami pulau Bangka. Masyarakat suku Melayu inilah yang disebut sebagai suku Melayu Bangka.

Pada awalnya pulau Bangka hanya dihuni oleh sekelompok penduduk asli pedalaman yang dikenal sebagai suku Lom dan suku Sekak. Pada abad 18, barulah pulau Bangka dimasuki oleh para pendatang Melayu yang diduga datang dari wilayah Malaka dan dari Riau. Masyarakat pendatang ini berbaur dan terbentuklah masyarakat yang disebut sebagai suku Melayu Bangka saat ini.

Bahasa Bangka ini adalah bahasa Melayu, mirip dengan bahasa Melayu dan dikelompokkan ke dalam rumpun bahasa Melayu.
Mayoritas suku Bangka ini adalah penganut agama Islam, yang telah berkembang sejak beberapa abad terakhir di wilayah ini, yang dibawa oleh pendatang Melayu dari Malaka. Sedangkan penganut agama Kristen hanya sebagian kecil saja.

Salah satu kesenian tradisional suku Bangka adalah Tari Sepintu Segudang yang mengisahkan sifat kegotong royongan masyarakat sering dipentaskan.

sumber:
  • dutacipta.wordpress.com 
  • azamku.com
  • sabda.org
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,