Suku Belitung

tarian suku Belitung
Suku Belitung atau suku Melayu Belitung, adalah suatu komunitas masyarakat Melayu yang bermukim di pulau Belitung kabupaten Belitung provinsi Bangka Belitung.

Masyarakat suku Belitung selain di pulau Belitung, juga tersebar di pulau Mandanau, Kalimambang, Seliu, Gresik dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Pulau Belitung ini dahulunya juga dianggap kosong tidak berpenghuni, tetapi sebelum kehadiran masyarakat Melayu di pulau Belitung ini, telah ada suatu suku asli yang dikenal sebagai suku Ameng Sewang. Masyarakat Melayu hadir di pulau Belitung ini diperkirakan pada abad 18 berasal dari Malaka yang membawa tradisi dan budaya Melayu yang kini menjadi budaya mayoritas di pulau Belitung ini. 
Suatu keunikan di wilayah suku Beltung ini adalah dengan adanya batu "satan", yang menurut anggapan masyarakat pulau Belitung ini berasal dari angkasa yang jatuh ke bumi.

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat suku Belitung ini adalah bahasa Melayu. Bahasa Belitung ini dianggap sebagai salah satu dialek dari bahasa Melayu, karena mirip dengan bahasa Melayu Riau dan Melayu Malaysia.

Masyarakat suku Melayu Belitung pada umumnya adalah pemeluk agama Islam, sedangkan yang memeluk agama Kristen diperkirakan hanya sebagian kecil saja.

sumber:
  • depdagri.go.id
  • sabda.org
  • foto: adicita.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,